Categories

Gadget

Xiaomi Perkenalkan Monitor Gaming Perdananya, Mi Surface 34

Mi Surface 34 menyuguhkan panel beresolusi 3440x1440p, refresh rate 144Hz, kelengkungan 1500R dan dukungan AMD FreeSync.

Yoga Wisesa - 24 October 2019

Brand Xiaomi memang sulit dipisahkan dari smartphone-smartphone terjangkau, namun dari sejak awal mereka mendarat di Indonesia, perusahaan asal Beijing itu sempat menekankan bahwa mereka bukanlah sekadar pencipta ponsel. Kini ada banyak segmen yang jadi fokus Xiaomi: elektronik rumah tangga, sistem rumah pintar, televisi dan speaker, hingga aksesori fashion seperti tas, topi serta kacamata.

Xiaomi juga tidak asing dengan penyediaan perangkat gaming. Setelah meluncurkan Mi Gaming Laptop, perusahaan terus me-refresh-nya dengan hardware baru secara berkala. Dan di bulan Oktober ini, Xiaomi menyingkap produk monitor pertamanya. Yang menarik dari perangkat tersebut adalah, ia dilengkapi sejumlah fitur pendukung gaming. Perusahaan menamainya Mi Surface 34. Angka di belakang namanya mengindikasikan luas display, yaitu 34-inci.

Mi Surface 34 5

Mi Surface 34 menyuguhkan panel beresolusi 3440x1440p dengan tingkat kelengkungan 1500R dan aspek rasio 21:9. Perangkat dibekali refresh rate 144Hz, tingkat kecerahan 300nit, waktu respons 4-milidetik, dan menyimpan teknologi AMD FreeSync untuk meminimalkan efek stuttering serta tearing ketika game tengah dijalankan. Namun tentu saja, fitur ini hanya bekerja jika Anda menggunakan kartu grafis AMD Radeon.

Mi Surface 34 3

Selain dari data-data di atas, Xiaomi belum menyingkap detail lebih jauh, misalnya rasio kontras dan seperti apa kelengkapan konektivitas dari Mi Surface 34. Dari laporan PC Gamer, monitor ini mengusung jenis panel LED VA (vertical alignment) buatan Samsung. Secara umum, varian ini memiliki level kontras, kemampuan reproduksi warna dan refresh rate lebih baik dari IPS (in-plane switching), namun mempunyai waktu respons yang paling lambat dibanding jenis lain.

Mi Surface 34 4

Berdasarkan gambar-gambar di Weibo, Mi Surface 34 punya penampilan yang cukup elegan dan sederhana, sehingga cocok dipasangkan bersama beragam tipe PC desktop. Anda dihidangkan monitor berbingkai tipis. Tubuhnya berwarna hitam dan tak ada elemen-elemen mencolok yang berpotensi memecahkan konsentrasi saat Anda harus fokus (ber-gaming atau bekerja). Di sana hanya ada satu lampu LED putih sebagai indikator power. Selanjutnya, bagian leher tersambung ke kaki berstrukstur V.

Mi Surface 34 1

Sebagai monitor gaming, saya membayangkan kita bisa menyesuaikan tinggi display serta mengubah sudut kemiringannya, namun semua ini masih spekulasi.

Gerbang pre-order Mi Surface 34 kabarnya sudah dibuka, walaupun terbatas di wilayah Tiongkok saja. Harganya cukup kompetitif. Produk dijajakan seharga ¥ 2.000 atau kisaran US$ 283. Setelah dipasarkan secara luas, harganya akan naik jadi ¥ 2.500 (sekitar US$ 354). Alternatifnya, Xiaomi juga memperkenalkan monitor IPS 23,8-inci beresolusi 1080p yang dibanderol ¥ 700 (US$ 98).

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter