5 December 2017

by Bambang Winarso

Belum Debut, Rupa Asli Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Dirilis Duluan

Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus dipastikan rilis di tanggal 7 Desember 2017

Xiaomi Redmi 5 dan saudaranya, Redmi 5 Plus sudah dipastikan bakal memulai debut pada tanggal 7 Desember yang notabene seretak dengan peluncuran smartphone papan tengah lainnya, Huawei Nova 2S. Di undangan resminya beberapa saat lalu, Xiaomi tak malu-malu membeberkan seperti apa rupa smartphone barunya, dan bahkan dua hari jelang hari H, pabrikan asal Tiongkok itu kembali meluncurkan serangkaian foto yang menampilkan Redmi 5 dari berbagai sudut.

Berdasarkan gambar-gambar tersebut kita bisa simpulkan beberapa hal penting di Redmi 5, antara lain kamera selfie yang dilengkapi dengan LED flash, audio jack 3,5mm, dan sensor infrared. Di sektor visual utamanya, tampak perangkat mengemas layar penuh 18:9 yang mengikuti tren smartphone masa kini, disertai rancangan kaca 2.5D yang memperindah lekukan bagian tepi perangkat. Berdasarkan rancangan ini, Redmi 5 dan Redmi 5 Plus sangat mungkin tidak menggunakan tombol kapasitif yang digantikan oleh tombol on-screen.

Xiaomi Redmi 5

Beralih ke bagian belakang, tampak perangkat mengenakan cover metalik yang diperkokoh oleh frame aluminium alloy untuk memangkas panas. Rancangan ini hampir mirip dengan Redmi Note 5A yang berada satu kelas lebih rendah. Di balik cover terdapat baterai sebesar 3.200mAh yang sayangnya belum diketahui mendukung fast charging atau tidak.

Sementara itu, berdasarkan bocoran spesifikasi jeroan Redmi 5, model Redmi 5 disebut bakal mengemas chipset, Snapdragon 450 Mobile Platform yang diduetkan dengan Adreno 506 dan tiga pilihan RAM 2GB/3GB/4GB, masing-masing dengan memori 16GB, 32GB dan 64GB. Ketiga varian memori ini mendukung slot microSD untuk ruang simpan ekstra.

Xiaomi Redmi 5
Plus

Membawa serta MIUI 9 berbasiskan Android 7.1.2 Nougat, Redmi 5 menawarkan daya jepret 12MP di belakang yang juga dilengkapi dengan LED flash, dan ditemani sensor sidik jari di bawahnya.

Sayangnya, bocoran lebih banyak mengulas spesifikasi Redmi 5. Sedangkan informasi Redmi 5 Plus relatif sepi yang memunculkan anggapan bahwa spesifikasi model tertinggi ini tidak akan banyak berbeda ketimbang seri standarnya.

Xiaomi Redmi 5
Plus

Sumber berita Forearena.