17 October 2017

by Bambang Winarso

Xiaomi Redmi 5A Diluncurkan, Masih Murah Tapi Tanpa Peningkatan Signifikan

Xiaomi Redmi 5A mengemas Snapdragon 425, RAM 2GB dan memori 16GB

Mengejar target baru di tahun ini, Xiaomi menggeber peluncuran produk baru untuk segmen-segmen unggulan. Yang paling anyar, pabrikan asal Tiongkok itu baru saja meluncurkan generasi penerus dari Redmi 4A, bernama Redmi 5A yang tiba dengan beberapa peningkatan minor.

Xiaomi Redmi 5A kali ini mengemas cover dengan tekstur menyerupai metal dan memperoleh perubahan desain dengan sudut lebih bundar dan juga beberapa material pembangun yang lebih ringan. Konfigurasi ini membuat bobot Redmi 5A tetap ringan, hanya 137 gram.

Beralih ke spesifikasi perangkat keras yang ditawarkan Redmi 5A. Di atas kertas, kita tidak melihat peningkatan drastis dari pendahulunya. Di bagian jeroan terdapat chipset Qualcomm Snapdragon 425 Mobile Platform yang merupakan komponen yang dirancang untuk efisiensi optimal. Xiaomi mengklaim Redmi 5A menawarkan cadangan energi selama 8 hari dalam mode stand-by. Kinerja perangkat ditopang oleh RAM sebesar 2GB dan ruang simpan sama seperti Redmi 4A, yakni seluas 16GB. Slot microsD disediakan untuk menjadi alternatif jika memori internal mulai kewalahan.

Tampak depan, Xiaomi Redmi 5A menawarkan layar 5 inci dengan resolusi 720p. Tepat di atas layar duduk kamera depan dengan resolusi 5MP yang memiliki aperture f/2.0. Kamera ini disebut mampu menangkap video FHD 1080p @ 30fps. Kemudian di bagian kamera utamanya, Redmi 5A memiliki sensor 13MP (f/2.2) yang disertai sejumlah fitur pendamping.

Perangkat yang mendukung jaringan 4G LTE ini menjalankan sistem operasi Android Nougat yang dipercantik oleh MIUI 9. Pre-ordernya sudah dimulai di JD.com, Lynx dan Xiaomi Mall dengan banderol dasar di $90.

Sumber berita Mi.