19 January 2017

by Yoga Wisesa

Xiaomi Redmi Note 4 Resmi Meluncur di India

Versi India Xiaomi Redmi Note 4 ditenagai oleh chip Qualcomm Snapdragon 625.

Di bulan Agustus lalu, Xiaomi memperkenalkan Redmi Note 4 tak lama setelah mereka melepas Redmi 3S di negeri Bollywood dan menyingkap Redmi Pro secara resmi ke publik. Kembali dilangsungkan di India, peluncuran phablet mid-range generasi keempat di bulan Januari ini merupakan event besar pertama yang dilaksanakan sang produsen asal Beijing di tahun 2017.

Di sana, Xiaomi menghadirkan beberapa pilihan model: ada versi dengan RAM 2GB dan storage 32GB, tipe RAM 3GB serta penyimpanan 32GB, serta varian paling mahal yang menyimpan RAM 4GB dan memori internal 64G - masing-masing dijajakan di harga Rs 10.000 (US$ 146,5), Rs 11.000 (US$ 161,2), dan Rs 13.000 (US$ 190,5); harganya tidak terlalu jauh dari angka yang ditawarkan Xiaomi ke konsumen di Tiongkok.

Redmi Note 4 ialah handset berdesain unibody logam dengan dimensi 151x76x8,4-milimeter yang menyuguhkan layar full-HD 2.5D seluas 5,5-inci. Bagian pinggir tubuhnya dibuat melengkung untuk memberikan kesan lebih tipis. Selain silver dan abu-abu, konsumen di India juga bisa memilih model berwarna hitam dengan punggung matte, namun Xiaomi belum mengkonfirmasi eksistensi dari varian 'blue coral-nya' di India.

Ketika Redmi Note 4 di China dipersenjatai MediaTek Helio X20 berisi prosesor sepuluh-core, versi Indianya ditenagai oleh chip Qualcomm Snapdragon 625 (Xiaomi dilarang menjual perangkat MediaTek karena sengketa paten dengan Ericsson). Berbekal teknologi FinFET 14nm, kabarnya prosesor octa-core di sana membuat konsumsi daya Redmi Note 4 jadi 20 persen lebih efisien dibanding Redmi Note 3 - kini dibekali baterai 4.100mAh. Segi olah grafisnya sendiri ditangani oleh GPU Adreno 506.

Untuk kegiatan fotografi, Xiaomi mengandalkan sensor Sony CMOS 13Mp dengan pixel size 1,12 ber-aperture f/2.0 di kamera belakang demi memastikan performa pengambilan gambar di kondisi rendah cahaya tetap optimal. Kamera tersebut didukung beberapa fitur familier seperti phase detection autofocus, touch focus, face/smile detection, HDR, serta turut dibantu flash LED dual tone. Buat selfie, Xiaomi menyediakan kamera 5-Mp f/2.0.

Redmi Note 4 dibundel bersama platform MIUI 8.0 berbasis Android 6.0 Marshmallow. Di sana, Xiaomi mendesain ulang Gallery dan Notes, meng-upgrade kemampuan editing foto dan video, serta mengenalkan fitur Dual Apps (memungkinkan Anda menggunakan WhatsApp, Facebook dan aplikasi-aplikasi lain dengan akun berbeda) dan Second Space.

Kehadiran Redmi Note 4 di pasar selain Tiongkok merupakan kabar gembira, memberikan secercah harapan bagi Anda yang memang sedang menanti kehadiran produk ini di Indonesia.

Sumber: Indian Express & TechRadar India.