7 August 2014

by Yoga Wisesa

Xiaomi Redmi Note 4G Akan Segera Hadir

Setelah mengumumkan smartphone teranyar Andalan mereka Mi 4, perusahaan gadget asal Beijing, Xiaomi, menggoda konsumen dengan model terbaru Redmi Note yang dijanjikan lebih ringan dan lebih gesit dibanding tipe sebelumnya. Akhirnya device ini pun dipublikasi secara resmi, perangkat itu adalah Redmi Note 4G, dan akan segera mendarat beberapa minggu lagi.

Xiaomi mengenalkan Redmi Note pada bulan Maret 2014. Ia merupakan sebuah perangkat pintar kelas budget yang diusung dengan layar 5,5-inci. Walaupun sangat menarik, Redmi Note belum memiliki konektivitas 4G, sehingga sedikit sulit untuk menembus pasar negara-negara maju. Selain koneksi, Xiaomi Redmi Note 4G memiliki jeroan berbeda dari versi 3G yang sudah dirilis sebelumnya.

Redmi Note 4G ditenagai oleh prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 400 berkecepatan 1,6GHz (Redmi Note menggunakan prosesor octa-core 1,7GHz dari MediaTek) dengan GPU Adreno 305. Prosesor di dalamnya juga menggunakan chipset yang lebih baru dibanding Redmi 1S, yaitu Qualcomm MSM8928 dengan radio 4G LTE.

 

 

Info menarik: Rambah Ranah Wearable Device, Xiaomi Rilis Gelang Kesehatan Bernama Mi Band

 

Anda mendapatkan memori RAM dengan jumlah yang cukup besar, 2GB, serta penyimpanan internal 8GB yang bisa diperluas hingga 64GB dengan menggunakan kartu microSD. Hal menarik lain adalah sistem operasi yang digunakannya. Redmi Note 4G terdaftar sebagai perangkat ber-platform Android 4.2 Jelly Bean dengan MIUI versi 5.0. Tapi situs Soya Cincau yakin bahwa terdapat salah penulisan karena berdasarkan bocoran yang muncul di internet, Note 4G telah berjalan di KitKat.

Bentuk dan dimensi Redmi Note 4G hampir tidak berbeda dari varian 3G, dengan ketebalan 9,45 milimeter, tapi memiliki bobot lebih ringan 10 gram. Hal yang sama berlaku pada layar 5,5-inci beresolusi 720p yang dimilikinya. Untuk sebuah phablet, Redmi membenamkan teknologi kamera yang cukup canggih di kelasnya. Kamera utama di bagian belakang memanfaatkan sensor 13-megapixel, dengan lensa wide angle 28 milimeter dan tingkat aperture f2.2.

 

Info menarik: Xiaomi Mi4 Resmi Diperkenalkan, Berbekal RAM 3GB dan Prosesor Snapdragon 801

 

Xiaomi mengklaim bahwa kamera tersebut sempurna untuk foto grup dan mengabadikan momen-momen tak terlupakan bersama kawan-kawan Anda. Perangkat ini juga fleksibel untuk digunakan di berbagai tingkat pencahayaan, mampu menghasilkan hasil gambar yang tajam hingga efek bokeh yang lembut. Di bagian muka, Anda disajikan kamera 5 MP untuk video call. Device ini mendukung konektivitas 4G TDD-LTE 1900/2300/2600MHz, Wi-Fi, dan Bluetooth 4.0.

Dibandingkan dari Redmi Note biasa, Xiaomi Redmi Note 4G tidak memiliki fitur dual-SIM card. Tapi keduanya ditawarkan dengan harga yang sama, yaitu 999 Yuan atau sekitar Rp 1,9 juta rupiah (tentu jika masuk ke pasar Indonesia, akan ada penyesuaian harga).

Redmi Note 4G akan hadir pada tanggal 26 Agustus 2014 di tiongkok, kemudian baru menyusul di negara-negara lain.

Via Ubergizmo. Sumber: MI.com.