10 October 2017

by Bambang Winarso

Xiaomi Redmi Note 5 Ikuti Tren Layar Penuh dan Bezel Super Tipis?

Bezel bawah Xiaomi Redmi Note 5 bahkan lebih tipis dari Mi MIX 2

Layar tampaknya menjadi komponen yang paling banyak diolah oleh sejumlah pabrikan smartphone belakangan ini. Dimulai dari Samsung dan LG yang menerapkan aspek rasio 18:9 ke flagship-nya masing-masing, kemudian diikuti oleh pabrikan lain bahkan mulai diterapkan untuk smartphone yang bukan model unggulan.

Alur yang sama sepertinya juga akan ditempuh oleh Xiaomi untuk Redmi Note 5, salah satu jajaran phablet yang cukup digemari. Dalam dua buah foto yang baru saja merebak luas tampak sebuah perangkat dengan desain bezel super tipis dan aspek rasio 18:9 yang diyakini merupakan foto dari Redmi Note 5, cikal bakal phablet Xiaomi berikutnya.

Foto yang menampilkan bagian depan dan belakang perangkat tersebut memperlihatkan sejumlah detail menarik, selain soal aspek rasio layar dan bezel. Jajaran Redmi Note dikenal memiliki layar paling lebar 5,5 inci. Tapi di foto ini, perangkat tampak punya layar yang lebih lebar berkat pemangkasan bezel yang cukup signifikan di bagian atas dan bawah. Tebakan terbaik, layar ini mempunyai ukuran tak kurang dari 6 inci.

Desain bezel mengambil porsi perhatian yang juga cukup besar, pasalnya jika diperhatikan lebih seksama, bezel dasar sedikit lebih tipis dibandingkan milik Mi MIX 2, flagship terbaru Xiaomi. Sedangkan bezel atas sedikit lebih lebar guna mengakomodasi kehadiran lensa kamera dan juga sensor.

Perhatian berikutnya tertuju pada sisi belakang perangkat, di mana tampak ada dua buah kamera yang disusun vertikal satu garis dengan LED flash dan juga sensor sidik jari. Lalu di bagian dasar terpampang logo Mi seperti kebanyakan ponsel pintar keluaran Xiaomi. Rancangan ini mengingatkan saya pada model Redmi Pro, smartphone jajaran Redmi satu-satunya yang punya kamera ganda.  Konfigurasi kamera ganda di Redmi Note 5 diyakini akan terdiri dari sensor 16MP + 5MP. Sedangkan resolusi kamera depan masih belum diketahui.

Jeroan Redmi Note 5 dipercaya bakal mengandalkan chipset Snapdragon 660 dan hadir dalam beberapa varian RAM, 3GB dan juga 4GB dengan rincian harga sebagai berikut.

Sumber berita GSMArena.