Audio jack 3,5mm telah sejak lama menjadi pintu masuk utama bagi earphone yang menggunakan kabel sebagai jalur outputnya. Dengan maraknya penggunaan Bluetooth dan tingginya tuntutan akan kecepatan dan stabilitas dalam menghubungkan dua perangkat berbeda, sejumlah pabrikan perangkat mulai meninggalkan audio jack 3,5mm dan beralih ke USB type-C yang dianggap punya fungsional lebih luas termasuk mendukung pengisian baterai cepat.

Seperti yang dilakukan oleh Xiaomi yang tak lagi menawarkan koneksi audio jack 3,5mm di Mi 6, smartphone flagship terbarunya. Penggunaan USB type-C di Mi 6 kemudian menghadirkan pertanyaan soal dukungan aksesoris yang sudah atau akan diluncurkan oleh Xiaomi. Banyak penggemar berharap mereka tak harus membeli tambahan adapter untuk menghubungkan smartphone dengan earphone. Xiaomi pun memberikan jawaban.

Pabrikan asal Tiongkok itu resmi menyibak perangkat earphone terbaru yang merupakan earphone yang mendukung koneksi melalui USB type-C. Earphone ini mempunyai rancangan berkelas yang merupakan buah pikiran seniman ternama pemenang Grammy Award, Luca Bignardi asal Spanyol.

Perangkat tiba dengan desain mengkilap yang memberi tampilan elegan. Ia juga mempunyai mikrofon tambahan yang tersemat bersama dengan modul kendali untuk fitur active noise reduction.

Saat ini earphone baru dipasarkan di wilayah Tiongkok melalui toko online resmi Xiaomi seharga $43, dan kemungkinan bakal tersedia pula di sejumlah pengecer di sana. Namun jika melihat eksistensi sejumlah perangkat dan aksesoris Xiaomi di Asia Tenggara termasuk Indonesia, tak heran bila banyak orang percaya earphone ini akan segera tersedia di toko-toko online lokal.

Sumber berita Gizmochina.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.