27 November 2017

by Bambang Winarso

Xiaomi Simpan Satu Lagi Smartphone Murah, Disiapkan untuk Akhir Tahun 2017?

Disebut bernama Xiaomi R1, smartphone mengemas kamera selfie ganda dan desain layar penuh dengan bezel minimalis

Sebuah bocoran smartphone baru berlabel Xiaomi kembali merebak, memunculkan dugaan akan adanya perangkat model baru yang dinamai Xiaomi R1. Menurut sumber, ini adalah smartphone murah dari Xiaomi berikutnya yang diyakini bakal diluncurkan sebelum akhir tahun 2017. Seperti yang terlihat, smartphone tampak mengadopsi tren terkini, yakni bezel tipis dan layar penuh.

Di saat yang bersamaan, Xiaomi juga disebut sedang mempersiapkan model Redmi Note 5 yang sampai saat ini belum jelas ujung pangkalnya, meskipun perangkat sudah jadi buah bibir sejak beberapa bulan yang lalu. Redmi Note 5 juga bakal mengadopsi konsep desain yang sama seperti R1 ini, tapi tentu dengan banderol yang lebih mahal dan pastinya spek yang lebih menggigit.

Meskipun gambar yang bocor bisa jadi adalah Redmi Note 5, tapi sumber bersangkutan mengklaim smartphone ini akan dijual seharga $227. Jika benar, maka hampir dipastikan ini adalah model yang berbeda dari phablet penerus Redmi Note 4 yang dimaksudkan. Sayangnya, spesifikasi yang berhubungan dengan foto ini belum bisa diungkap. Sedangkan spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5 sudah menjamur tanpa terbendung.

Tapi dari gambar yang diterbitkan, tampak perangkat mengemas material metal yang kokoh. Karena bezelnya yang minimalis, perangkat tak memiliki tombol fisik ataupun kapasitif. Di dasar tampak grill speaker yang duduk bersama slot microUSB. Rancangan ini tampak identik dengan jajaran ponsel Android murah Xiaomi lainnya, Redmi Note 5A. Lanjut, jika melihat rancangan ini, Xiaomi masih menempatkan sensor sidik jari di bagian belakang dan yang tak boleh dilupakan, perangkat tampak punya kamera depan sebanyak dua buah, menandakan spesialisasinya untuk urusan selfie. Mungkin saja Xiaomi R1 disiapkan untuk menghentikan agresivitas Oppo yang baru saja merilis F5 yang memang dirancang untuk anak muda.

Tapi, laporan ini masih sebatas rumor. Dan apapun yang dilaporkan, masih harus dibuktikan kebenarannya. Kita tunggu saja sampai akhir tahun, apakah smartphone ini benar-benar terwujud atau hanya pemanis jelang peluncuran Redmi Note 5.

Sumber berita Gizchina.