Categories

Gadget

Xiaomi Umumkan Redmi 8, 8A, dan Mi True Wireless Earbuds

Redmi 8 series yang dibanderol mulai Rp1,4 juta dan juga kehadiran MIUI 11

Lukman Azis - 5 December 2019

Menurut laporan dari Canalys, pada kuartal ketiga 2019 – Xiaomi menduduki nomor dua terbesar sebagai penguasa pasar smartphone di Indonesia. Melengkapi Redmi Note 8 series yang sudah lebih dulu meluncur sejak bulan Oktober lalu, kini Xiaomi telah mengumumkan beberapa produk terbaru mereka meliputi smartphone Redmi 8, Redmi 8A, sistem operasi MIUI 11, dan produk ekosistem baru.

“Visi kami adalah menghadirkan inovasi kepada semua orang dengan produk berkualitas tinggi dan harga sebenarnya. Redmi 8 dan Redmi 8A akan melanjutkan mimpi kami menyediakan teknologi yang luar biasa kepada masyarakat di Indonesia dan mengubah hidup mereka dengan menghubungkan lebih banyak orang ke teknologi dan pada akhirnya akan memberikan dampak positif bagi kehidupan mereka,” ujar Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia.

Redmi 8 by Xiaomi

Aspek utama yang diunggulkan Redmi 8 ialah desain barunya, smartphone ini hadir dengan desain baru bertema aura mirror dengan finishing glossy seperti kaca yang tak hanya terlihat elegan tapi juga terasa premium dalam genggaman tangan. Ditambah ketersediaan tiga pilihan warna stylish yaitu sapphire blue, ruby red, dan warna klasik onyx black.

Masih di bagian belakang, modul dual-camera ditempatkan di tengah atas secara vertikal yang memberi kesan simetris. Tiap sudutnya juga dibuat sedikit melengkung agar nyaman dipegang. Selain itu, perlu diketahui bahwa Redmi 8 sudah menggunakan port USB Type-C.

PSX_20191205_081145

Beralih ke bagian depan kita disuguhi layar IPS 6,22 inci dengan notch bergaya Dot Drop. Namun resolusinya hanya sebatas HD+ (720×1520 piksel) dengan tingkat kerapatan sekitar 270 ppi dalam rasio 19:9. Hal bagusnya, panelnya sudah diproteksi Corning Gorilla Glass 5 yang harusnya bakal lebih tahan terhadap benturan.

Smartphone ini digerakkan oleh chipset Qualcomm Snapdragon 439 yang dibuat pada proses pabrikasi 12 nm. Apakah ini upgrade atau downgrade? Sebab sebelumnya, Redmi 7 mengandalkan mobile platform Qualcomm seri Snapdragon 600 yakni Snapdragon 632 yang walaupun masih dibuat pada proses produksi 14nm.

Kinerjanya didukung dengan opsi konfigurasi RAM 3GB dengan penyimpanan 32GB atau RAM 4GB dengan penyimpanan 64GB. Lalu, tangki baterai 5.000 mAh yang dimilikinya diklaim mampu bertahan hingga empat hari.

Masuk akal, sebab chipset yang digunakan juga sangat efisien dan hanya menangani layar resolusi HD+. Tentu saja, tak lepas dari pengoptimalan baterai dan manajemem daya berbasis AI. Redmi 8 sebenarnya mendukung fast charging hingga 18W, tapi adaptor charger 18W harus dibeli secara terpisah. Dalam paket penjualan hanya dibekali adaptor charger standar 5V 2A. Berikut video unboxing Redmi 8:

Untuk fotografi kamera utama Redmi 8 mendapat sedikit peningkatan. Resolusinya masih 12MP, tapi dengan aperture dan ukuran per piksel lebih besar. Masing-masing f/1.8 dan 1.4µm, serta dilengkapi dengan sistem Dual Pixel PDAF.

Kamera sekundernya tetap 2 MP sebagai depth sensor. Fitur-fitur kamera belakangnya antara lain AI scene detection, AI portrait, AI beautify, dan HDR. Sedangkan, kamera depannya 8MP. Baik kamera depan dan belakangnya bisa merekam video 1080p pada 30fps.

Lalu, berapa harga Redmi 8 di Indonesia? Untuk varian memori 3GB+32GB dijual dengan harga Rp1.749.000 (harga perkenalan Rp1.699.000). Sedangkan, varian memori 4GB+64GB dijual Rp1.849.000 (harga perkenalan Rp1.799.000). Bisa dibeli di Lazada, Mi.com, dan Authorized Mi Store pada tanggal 12 Desember 2019.

Redmi 8A by Xiaomi

PSX_20191205_081137

Spesifikasi dari Redmi 8A sebetulnya tidak jauh berbeda dengan Redmi 8, yang dikurangi seperti konfigurasi RAM dan memori internalnya lebih rendah yakni 2GB dengan penyimpanan 32GB, serta hanya punya satu kamera di belakang 12MP.

Selain itu untuk desain, Redmi 8A kebalikan dari Redmi 8 dengan finishing matte. Namun tetap hadir dengan pilihan warna cantik seperti ocean blue, sunset red, dan midnight black.

Harga Redmi 8A di Indonesia dibanderol Rp1.449.000 dengan konfigurasi memori 2GB+32GB, harga perkenalannya Rp1.399.000. Redmi 8A bisa dibeli di Shopee, Mi.com, dan Authorized Mi Store pada tanggal 12 Desember 2019. Kedua smartphone tersebut dilengkapi dengan masa garansi 24 bulan.

Apa yang baru dari MIUI 11?

PSX_20191205_090101

Bersamaan dengan peluncuran Redmi 8 series, Xiaomi juga mengumumkan kehadiran resmi sistem operasi MIUI 11, sejak semula bertujuan menghadirkan komunikasi yang lebih langsung dan efisien antara pengguna dan perangkat teknologinya.

Pada versi terbaru ini, Xiaomi melangkah maju dengan menghadirkan evolusi pada desain dengan membuang elemen-elemen yang tidak utama dan memberikan penekanan pada konten. Tampilan antarmukanya lebih flat dan minimalis, dengan ikon aplikasi lebih lembut, membuat pengguna bisa mengakses fitur-fitur penting dengan cepat. Fitur dark mode juga menjadi suguhan utama.

Hal unik dari MIUI 11 ialah aspek suara, Xiaomi menghadirkan suara alam sebagai notifikasi dan alarm, seperti suara burung, serangga, dan air. Suara notifikasi bakal berubah-ubah seiring pergantian waktu. Pun demikian dengan alarm, tiap hari berbeda. Misalnya senin dengan suara air, selasa suara api, dan seterusnya. Ini menghadirkan nuansa alam yang menyegarkan ke ruang-ruang aktivitas pengguna perangkat smartphone Xiaomi.

Tak hanya suara, wallpaper di lockscreen juga bakal berganti tiap kita membuka smartphone. Kita bisa menggunakan dynamic wallpaper yang bergerak di homescreen, bahkan menggunakan video buat yang ingin lebih personal.

MIUI 11 ini juga menyediakan Mi Work, meliputi kalkulator dengan kemampuan lebih, bisa membuka dokumen di smartphone tanpa perlu mengunduh aplikasi office, dual clock di homescreen atau lockscreen yang berguna buat yang LDR-an, dan Mi Share untuk transfer file dengan cepat dan mudah. Lalu, ada Mi Life untuk menghitung langkah, serta quick replies yang memudahkan menjawab pesan atau telepon.

Mi True Wireless Earbuds

PSX_20191205_081030

Terakhir Xiaomi melengkapi jajaran produk air wireless earbuds dengan hadirnya Mi True Wireless Earbuds. Ia memiliki daya tahan baterai sampai 12 jam untuk memainkan musik tanpa henti. Dengan kontrol pintar, pengguna bisa dengan mudah mematikan atau pause, melakukan atau menerima panggilan, termasuk mengaktifkan voice assistant.

Mi True Wireless Earbuds Basic dibanderol dengan harga normal Rp299.000 dan harga perkenalan Rp249.000. Bisa dibeli pada tanggal 12 Desember di Mi.com dan Authorized Mi Store.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter