3 April 2018

by Lukman Azis

Xiao AI Ialah Virtual Assistant Besutan Xiaomi, Tantang Google Assistant dan Siri?

Saat ini tersedia dalam bahasa China di perangkat Xiaomi Mi Mix 2S

Google punya virtual assistant bernama Google Assistant, Apple memiliki Siri, Microsoft - Cortana, Amazon - Alexa, dan Samsung dengan Bixby. Xiaomi juga tak mau ketinggalan dan ikut menciptakan virtual assistant berbasis kecerdasan buatan bernama Xiao AI.

Menurut Xiaomi, virtual assistant yang ada saat ini memiliki banyak keterbatasan, mulai dari hambatan bahasa, budaya, dan minimnya integrasi dengan perangkat lain. Itulah sebabnya, Xiaomi menciptakan virtual assistant-nya sendiri.

Xiao AI merupakan virtual assistant berbahasa China untuk pasar China yang dibuat khusus untuk smartphone Xiaomi. Saat ini Xiao AI tersedia untuk Mi Mix 2S dan juga akan hadir ke smartphone Xiaomi lainnya lewat update untuk MIUI versi China.

Penasaran seperti apa Xiao AI? Xiaomi telah mengunggah sebuah video berdurasi 2 menit di YouTube. Seperti yang Anda lihat, kemampuan Xiao AI mirip dengan Google Assistant dan Siri. Di mana Anda bisa melontarkan berbagai perintah suara.

Xiao AI bisa membantu Anda membuka aplikasi, mengambil foto, menerjemahkan menu, memeriksa cuaca, menyalakan lampu, dan banyak lagi. Selain itu, Xiao AI bakal terintegrasi dengan banyak peralatan smart home garapan Xiaomi. Misalnya robot vacuum cleaner yang ditampilkan dalam video di atas.

Sumber: Androidauthority