Categories

Mobile

Xim, Aplikasi Berbagi Foto Besutan Microsoft

Meth Pralistami - 13 October 2014

Microsoft belum lama ini meluncurkan aplikasi Xim. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbagi foto, tetapi tidak seperti aplikasi sejenis lainnya, seperti instagram, Molome, Xim memungkinkan pengguna untuk berbagi foto baik tunggal atau pun beberapa foto sekaligus dalam bentuk slideshow.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Fuse Labs yang merupakan program riset dari Microsoft. Aplikasi ini awalnya hadir dari kegiatan hackathon dan akhirnya dikembangkan jadi aplikasi penuh. Xim - dibaca Zim - saat ini mengharuskan penggunanya untuk menggunakan nomor telepon AS atau Kanada.

Melihat dari penjelasan video aplikasi ini, pengguna nantinya bisa membagikan satu foto atau grup foto pada beberapa teman yang kita pilih. Pengguna juga bisa memberi judul foto yang dibagikan pada teman yang ada di buku telepon pengguna.

Nantinya pengguna yang diundang akan mendapatkan notifikasi SMS untuk melihat koleksi foto yang dibagikan, meskipun mereka yang diundang ini tidak memiliki aplikasi Xim. Cukup satu orang saja yang menginstal Xim kemudia yang lain bisa melihat koleksi foto secara bersamaan.

 

Info menarik: Batasi Penggunaan Paket Data Dengan Fitur Data Sense di Windows Phone

Fitur aplikasi ini berbeda dengan beberapa aplikasi berbagi foto lainnya. Xim juga tidak menyediakan fitur edit foto, setidaknya untuk saat ini, jadi fungsi aplikasi ini benar-benar untuk berbagi foto yang sudah kita ambil saja.

Foto yang akan dibagikan dapat kita ambil dari galeri smartphone, OneDrive, Dropbox, Facebook, dan Instagram. Tersedia pula fitur untuk memberikan komentar pada tiap foto yang dibagikan.

Fitur lain yang ada di aplikasi ini adalah, foto yang dibagikan hanya tampil sementara saja, sehingga foto tidak bisa dinikmati dalam jangka waktu yang panjang seperti pada aplikasi berbagi foto sejenis. Foto yang dibagikan akan hilang kurang lebih dalam jangka waktu sejam, jadi keamanan foto berbagi bisa terjaga.

Aplikasi Microsoft xim saat ini tersedia untuk pengguna Windows Phone, Android dan menyusul akan tersedia juga untuk perangkat iOS.

http://www.youtube.com/watch?v=huOqqgHgXwQ

Sumber: GeeOnGadgets, Zdnet dan Microsoft

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter