27 March 2014

by Yoga Wisesa

XKoin Memungkinkan Anda Isi Ulang Game Credit Tanpa Perlu Memiliki Nomor XL

Diprakarsai oleh developer game Negeri Timur, in-app purchase dan microtransaction kini menjadi salah satu model bisnis game terbesar di dunia. Seraya dengan hal tersebut, perusahaan berlomba-lomba untuk menyajikan layanan terbaik dan termudah bagi para konsumennya. Dan XKoin sebuah metode isi ulang game credit yang unik dari XL.

Berbeda dari negara maju dimana mayoritas gamer telah mendapatkan akses yang mudah ke kartu kredit hingga PayPal, gamer di negara berkembang seperti Indonesia memiliki sedikit kesulitan untuk memperoleh hal-hal tersebut. XL adalah salah satu perusahaan pertama yang memberikan cara alternatif untuk memperoleh in-game credit dengan metode tukar (top-up) pulsa.

Sayangnya untuk sementara, layanan top-up tersebut masih eksklusif bagi para pengguna nomor XL. Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak memilikinya - apa itu artinya mereka dipaksa untuk menggunakan nomor XL? XKoin merupakan jawaban XL atas pertanyaan itu. Kini dengan membeli voucher fisik XL, Anda bisa menukarkannya dengan in-game currency.

 

Info menarik: Cara Belanja di Steam Dengan Kartu XL

 

Menggunakan XKoin sangat mudah. Untuk pengguna nomor XL, cara paling sederhana adalah dengan mengetik SMS 'XKOIN' atau 'MAIN' ke nomor 5525, via UMB ke 123987# atau kunjugni web game, login dan masukkan nomor pelanggan XL. Sedangkan untuk non pengguna nomor XL, bisa dengan membeli game credit lewat voucher fisik, lalu kunjungi website game yang Anda mainkan, log-in kemudian tinggal memasukkan digit angka voucher XL ke kolom yang sudah tersedia.

"Kami melihat perkembangan industri game online yang pesat sebagai peluang dan sarana terbaik untuk mendekatkan XL dengan pecinta game, sekaligus untuk mewujudkan komitmen XL dalam mengembangkan layanan digital entertainment," jelas Dian Siswarini, Direktur Digital Services XL lewat rilis pers.

"Melalui XKoin kini pelanggan dapat dengan mudah melakukan pengisian game credit dengan pemotongan pulsa, bahkan tanpa perlu memiliki nomer XL sebelumnya. Dengan metode pembelian yang mudah, aman, dan cepat seperti ini kami berharap pecinta game dapat lebih mudah mendapatkan game credit kapanpun dan di manapun," lanjutnya.

Dengan metode belanja in-game currency unik ini, XL ialah operator Indonesia pertama yang menyediakan teknologi direct carrier billing. Dan untuk mengusung XKoin, XL bekerja sama dengan publisher dan penyedia game online di Indonesia seperti Qeon, AsiaSoft, Digicash, Indomog, Steam Wallet, Boyaa, Coalaa, Mimopay dan MOL. Dengan begitu, sistem XKoin telah mendukung lebih dari 500 judul permainan di Indonesia.

 

Info menarik: Galeri Pameran Controller dan Game ‘Custom’, Alt.Ctrl di GDC 2014

 

XL berargumen bahwa konsumen mendapatkan rasio kesuksesan sistem tukar yang lebih tinggi, dan memungkinkan mitra-mitra tersebut mengaplikasikan sistem refund lebih mudah - jika mereka menginginkannya. Tapi bagi saya, dengan akses mudah ke Steam Wallet, maka kita mendapatkan akses ke 3.000 judul game dalam layanan distribusi digital buatan Steam itu.

Kini tinggal menunggu dukungan tukar voucher Station Cash dari Sony untuk berbelanja di PlanetSide 2...