XL Ajak Pengembang Buat Game Sosial Berbasis Web

XL Ajak Pengembang Buat Game Sosial Berbasis Web

XL KotaGame
XL KotaGame

Melanjutkan kerja samanya dengan TheMobileGamer (TMG), Selasa kemarin, XL meluncurkan sebuah program yang diberi nama XL Developer Network: Road to GameHack 2013. Program ini dirancang untuk merangsang para pengembang game di tanah air untuk lebih banyak lagi menciptakan game sosial untuk platform KotaGames buatan TMG.

Seperti namanya, melalui program ini, XL akan merangkul komunitas-komunitas pengembang di Indonesia. Dalam bulan-bulan mendatang, XL akan mengadakan workshop di kantung-kantung pengembang seperti Jakarta/Depok, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Workshop tersebut bertujuan untuk memperkenalkan sisi teknis pembuatan game sosial sekaligus integrasi game tersebut ke KotaGames.

Workshop-workshop tersebut akan diakhiri dengan sebuah kompetisi yang disebut dengan GameHack. Kompetisi yang rencananya akan diselenggarkan pada Maret 2013 tersebut mengundang sekitar 100 peserta untuk untuk bersaing dalam lomba pengembangan games. Pada GameHack tersebut, TMG akan memilih lima finalis yang game-nya akan dirilis di KotaGames termasuk garansi minimal 20 juta Rupiah dan 200 juta Rupiah dalam bentuk marketing promo.

Untuk menambah minat peserta, dalam kompetisi GameHack nanti, XL dan TMG juga menyediakan hadiah lain berupa Galaxy Tab 7.0 dan Nokia Lumia 900 untuk pemenang pertama dan kedua untuk kategori Profesional. Selain kategori profesional, pelajar atau freelancer juga dapat mengikuti kategori umum yang berhadiah Samsung Galaxy II dan Nokia Lumia 800. Setiap pemenang juga akan mendapat hadiah berupa pelatihan pengembangan sosial gaming dengan tutor dari Jepang.

Pada Maret tahun lalu, XL meluncurkan kerja samanya dengan TMG untuk membuat pelanggan XL dapat mengakses game-game yang ada pada KotaGames dengan harga yang murah. Pada saat kerja sama tersebut diluncurkan, KotaGames baru berisi enam games. Kini, dalam waktu sekitar satu tahun, KotaGames memiliki 19 game dengan 10 game diantaranya merupakan buatan dari pengembang pihak ketiga. Secara jumlah pengguna, KotaGames memiliki sekitar 1.2 juta pemain dengan jumlah peningkatan sekitar 30% setiap bulan.

Game-game dalam KotaGames mempunyai kelebihan karena dapat diakses dengan baik menggunakan berbagai macam handphone asal mempunyai koneksi internet melalui GPRS dan peramban. Selain itu, karena game yang dihadirkan merupakan sebuah game sosial, pemain dapat berkreasi membuat karakter yang unik lengkap dengan avatarnya, serta bisa berinteraksi dengan pemain lain dalam platform KotaGames tersebut.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…