XL Axiata dan Blue Bird Group Hadirkan Layanan Pembayaran Taksi Melalui XL Tunai

XL Axiata dan Blue Bird Group Hadirkan Layanan Pembayaran Taksi Melalui XL Tunai

xl - blue bird
xl - blue bird

XL Axiata pada hari Jumat lalu (4/10) mengumumkan kerjasamanya dengan Blue Bird Group untuk menghadirkan layanan pembayaran taksi menggunakan XL Tunai, layanan dompet digital bagi pelanggan XL Axiata. Kerjasama ini diumumkan di sela-sela acara konferensi APEC yang juga dimanfaatkan oleh XL Axiata sebagai ajang uji coba jaringan LTE. Untuk sementara, pembayaran taksi Blue Bird Group melalui XL Tunai tersedia hanya untuk armada taksi di Bali.

Dijelaskan langsung pada press release yang kami terima, sebagai permulaan, produk XL Tunai kini melayani pembayaran tagihan untuk 750 armada taksi Blue Bird Group di seantero Bali. Kerjasama ini telah diresmikan oleh kedua belah pihak pada hari ini melalui penandatanganan kerjasama yang dilakukan oleh Hasnul Suhaimi selaku Presdir XL Axiata dengan Nonie Purnomo, Vice President Business Development Blue Bird Group.

Hasnul Suhaimi memberikan tanggapannya dalam pernyataan resmi kepada media. “Pengembangan XL Tunai salah satunya bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan XL dalam bertransaksi kapan saja dan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Kemitraan yang dilakukan antara XL dan Blue Bird Group merupakan bagian dari komitmen XL dalam mengembangkan layanan digital, seiring dengan program pemerintah dalam mendorong terciptanya less cash society. Dengan kerjasama ini pengguna XL, baik penumpang maupun pengemudi akan menikmati keuntungan, keamanan dan kemudahan dalam bertransaksi,” ujarnya.

Senada dengan Hasnul, Nonie Purnomo berharap dengan adanya kerjasama layanan ini, pelanggan Blue Bird dapat menggunakan sarana pembayaran yang lebih optimal dan efektif. “Kerjasama dengan XL Tunai menambah alternatif pembayaran ongkos taksi kami selain tunai, credit voucher Blue Bird Group, baik korporat maupun personal, kartu kredit, dan kartu debit. Bali menjadi pilot project untuk kerjasama ini. Kami berharap kerjasama akan bisa segera diperluas ke kota-kota lain di mana taksi Blue Bird beroperasi,” papar Nonie.

Sistem transaksi yang ditawarkan cukup mudah dan cepat. Pelanggan yang telah “menabung” di layanan e-wallet ini cukup memasukkan perintah dengan mengakses layanan *123*120*3# untuk kemudian dapat mengakses menu pembayaran tagihan taksi Blue Bird langsung di dalam ponsel.

Dengan kekuatan jaringan Blue Bird Group yang telah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia dan layanan XL Tunai yang  hingga kini diklaim memiliki 500.000 pelanggan, kerjasama XL dengan jaringan taksi Blue Bird memiliki potensi yang cukup kuat untuk diterima di masyarakat luas.

Konsep e-wallet yang jelas dikenal sebagai layanan pembayaran yang aman dan cepat menjadi salah satu faktor terkuat mengapa layanan ini dapat diprediksi meraih tanggapan yang positif dari konsumen. “Keamanan dan kenyamanan pelanggan menjadi prioritas kami dalam mengembangkan layanan XL Tunai. Melalui kolaborasi ini, pengguna XL baik pengemudi taksi maupun penumpang akan semakin menikmati kemudahan dan kenyamanan layanan XL,” jelas Hasnul dalam rilisan resmi tersebut.

Dengan dihadirkannya layanan terbaru dari XL Tunai bersama dengan Blue Bird, geliat XL Axiata dalam mengembangkan layanan e-walletnya bisa dilihat semakin jauh berkembang lebih baik dan tidak main-main dalam melakukan perkembangan yang  signifikan. Mungkin ini bisa menjadi salah satu “senjata” terbaru bagi XL Axiata dalam melakukan persaingan dengan operator telko lainnya yang juga meluncurkan layanan yang serupa, seperti misalnya dengan Telkomsel melalui produk T-Cash-nya, lalu ada juga Indosat yang memiliki layanan Dompetku, layanan terbaru dari XL Tunai kali ini merupakan langkah yang sangat baik untuk meraih pasar yang lebih luas lagi.

Pada tahun 2012 XL Tunai mulai melayani pelayanan remittance (pengiriman uang) ke sejumlah negara. Kemudian pada Juni 2013 XL Tunai juga meluncurkan layanan pembayaran yang atraktif dengan XL Tap&Go, sebuah metode pembayaran dengan stiker NFC yang ditempelkan di perangkat ponsel. Tentu harapan selanjutnya dari layanan ini adalah layanan e-wallet dapat terus berkembang ke sektor lain dan menjadi pilihan terbaik pengguna dalam lakukan transaksi pembayaran.

Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Avi Tejo Bhaskoro. 

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Business
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…