1. Startup

Setelah SK Planet, XL Axiata Putuskan Hengkang dari Elevenia

Menjual 50% saham kepemilikan, kini pemilik barunya adalah PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd

Setelah sebelumnya diberitakan bahwa SK Planet saat ini dalam proses reposisi bisnis-bisnisnya di luar negeri, termasuk penjualan seluruh sahamnya di Elevenia, XL Axiata (XL) yang memiliki sisa saham sebesar 50% juga hengkang dari layanan e-commerce yang dibangun sejak tahun 2015 lalu.

Saham keduanya disebutkan diserahkan ke PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd. melalui mekanisme Perjanjian Jual Beli Bersyarat atau CSPA. Kami tidak memiliki informasi lebih lanjut tentang kedua perusahaan ini, tapi dikabarkan memang keduanya berada di bawah kepemilikan Salim Group.

Menurut Presiden Direktur dan CEO XL Dian Siswarini, keputusan melepas Elevenia diambil melalui perhitungan yang cermat. Dalam keterangan resminya, XL berharap keputusan ini mengurangi dampak kerugian yang timbul dari Elevenia.

"Dukungan terrhadap industri e-commerce akan tetap kami lakukan melalui fitur-fitur digital di layanan data yang kami sediakan untuk pelanggan,” kata Dian Siswarini dalam keterangan tertulisnya.

Sempat ingin mempertahankan Elevenia

Sebelumnya XL sudah melakukan peninjauan ulang untuk seluruh bisnis digital yang sudah digeluti perseroan sejak pertama kali terjun pada 2013 silam. Nantinya akan ada beberapa produk yang dipertahankan atau dihentikan.

Dian mengklaim pertumbuhan bisnis Elevenia tiap tahunnya tercatat lebih dari 50%. Meskipun bertumbuhannya baik, saat ini kondisi Elevenia masih merugi dan belum memberikan dampak signifikan bagi perseroan.

Layanan digital XL mencakup tujuh segmen, yaitu digital entertainment (Yonder dan Tribe), business innovation, digital payment (XL Tunai), mobile advertising (m-Ads), komputasi awan (XCloud), internet of things (XL IoT), dan bisnis e-commerce (Elevenia).

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again