20 November 2012

by Amir Karimuddin

XL Axiata Rangkul Pengguna Android dengan Promo "XL Rumahnya Android"

Semakin tingginya tingkat penggunaan Android di Indonesia membuat XL Axiata sebagai salah satu operator besar di Indonesia tidak tinggal diam. Secara proaktif XL melakukan kerjasama dengan lima vendor ponsel (Samsung, Sony, HTC, Cross, Advan), Google dan komunitas ID-Android dengan meluncurkan kampanye "XL Rumahnya Android".

Dibanding tahun lalu, jumlah pengguna Android memang melonjak pesat hingga 250%. Saat ini jumlah pelanggan XL sebanyak 46 juta, di mana 25 juta di antaranya merupakan pelanggan data. Jumlah pengguna Android terdaftar di XL mencapai 10% dari pelanggan data tersebut atau sekitar 2.5 jutaan. Target yang ingin dicapai oleh XL di tahun 2013 untuk Android tidak muluk-muluk, yaitu menjadi pemimpin pasar di Indonesia untuk platform smartphone paling populer di dunia saat ini.

Yang diberikan oleh XL adalah kepuasan optimal pengguna Android dengan ekosistem yang dibentuknya. Pertama adalah memperkuat infrastruktur jaringan dengan memperluas jaringan HotRod 3G+ (3.75G) dengan target membangun 10 ribu BTS baru, di mana 60% di antaranya adalah BTS 3G (Node B).

Yang kedua adalah peluncuran starter pack XmartPlan Android yang dioptimasi untuk platform ini. Paket data yang ditawarkan adalah kuota 3GB, 200 menit menelepon dan 200 menit SMS untuk 2 bulan seharga Rp 49 ribu. Untuk pembelian yang di-bundle dengan smartphone partner, paket data yang diberikan ditingkatkan menjadi 4.5 GB untuk 3 bulan dengan biaya sama.

Selain itu XL juga mengembangkan aplikasi myXL untuk melakukan manajemen pulsa dan paket langganan, serta kesempatan penggunaan layanan penyimpanan data Xcloud sebesar 2 GB secara gratis selama enam bulan. Detil soal dua produk ini bakal disampaikan di post tersendiri.

Yang terakhir, XL berusaha memberikan layanan purnajual yang paripurna bagi para pengguna Android-nya. Tim layanan pelanggan (customer service) akan memperoleh pelatihan langsung dari tim Google agar mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar Android. Untuk layanan secara langsung, XL akan membentuk experience center di beberapa XL Center (XLC) di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Sebagai awalan, experience centre ini akan segera tersedia di XLC Plaza Indonesia EX Jakarta dan XLC Marina Surabaya.