Categories

Berita

XL Boyong Duplikasi Server Facebook ke Indonesia

Salah satu prioritas yang diinginkan untuk memberikan kecepatan akses ke konten video Facebook yang kian disukai pengguna

Randi Eka - 29 June 2016

XL Axiata baru-baru ini telah menjalin kerja sama dengan Facebook untuk memboyong duplikasi server Facebook dari Singapura ke data center yang dimiliki XL di Indonesia. Hadirnya server di Indonesia ini dinilai akan mengakselerasi kecepatan, dari sebelumnya akses ke server Facebook rata-rata delay 200ms, kini bisa lebih cepat hanya dengan delay kurang dari 8ms. XL juga percaya bahwa inisiatif ini akan memberikan manfaat untuk efisiensi bisnis.

Guna mematangkan langkah ini, XL mengalokasikan ruang data center di Jakarta dan Surabaya dengan total kapasitas 60G yang diperuntukkan khusus hanya untuk duplikasi server Facebook tersebut.

Pengguna Facebook di Indonesia memang masih menjadi salah satu yang terbesar, berbagai lembaga riset masih menempatkan populasi pengguna Facebook di Indonesia masuk dalam lima besar. Terakhir diungkapkan oleh Business Group Head Facebook Reynold D’Silva pada kesempatan April lalu, kuartal keempat 2015 ada sekitar 82 juta pengguna aktif Facebook di Indonesia setiap bulannya. Hal tersebut turut meyakinkan XL bahwa apa yang dilakukan akan menjadi tindakan yang menguntungkan.

Seperti diungkapkan Direktur/Chief Service Management Officer XL Yessie D. Yosetya dalam sambutannya:

"Facebook adalah media sosial yang paling popluer dan salah satu yang paling intens diakses oleh pelanggan XL. Dengan mempertimbangkan tren ke depan, di mana konten-konten video akan lebih banyak diakses, termasuk melalui Facebook, maka perlu bagi XL untuk meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan."

Yessie turut memaparkan bahwa proyek bersama Facebook ini adalah yang pertama di Indonesia, dan juga belum banyak dilakukan di seluruh dunia. Facebook menjadi salah satu konten digital atau aplikasi yang paling sering diakses oleh pelanggan XL. Trafik akses ke media sosial tersebut mencapai 30-40 persen dari total trafik data. Saat ini, terus semakin banyak pelanggan yang mengakses video, baik mengunduh atau mengunggah, melalui Facebook, yang tentunya membutuhkan dukungan kualitas akses yang memadai.

Dengan adanya server di Indonesia, perbedaan kualitas akan lebih terasa terutama pada saat pelanggan mengakses video di Facebook. Dengan akses video menjadi jauh lebih baik, pelanggan dan masyarakat bisa memanfaatkan fitur Facebook secara lebih maksimal. Misalnya untuk mendukung bisnis atau kegiatan lainnya dengan memanfaatkan fitur video.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter