5 December 2012

by Amir Karimuddin

XL dan Indosat Bersama Hidupkan Kembali Layanan Ring Back Tone

Masih ingat setahun lalu ketika semua kegiatan yang berhubungan dengan Content Provider, termasuk Ring Back Tone (RBT) dibekukan oleh BRTI? Kali ini XL Axiata (XL) dan Indosat beserta 12 record label bersama-sama menghidupkan kembali program RBT dan iRing. Tentu saja dengan konsep yang seharusnya lebih matang, lebih baik dan lebih transparan bagi pelanggan.

Baik XL dan Indosat memiliki kode akses UMB yang serupa untuk layanan ini yaitu *919#. Tarif yang diberlakukan oleh XL adalah Rp 3.300 per minggu (termasuk pajak), sementara Indosat mematok tarif Rp 3190 per minggu. 12 record label yang menjadi partner adalah Pelangi Musik, Universal Music Indonesia (UMI), Aquarius, Emotion, Warner Music Indonesia, Sony Music, Musica, Alfa Records, Virgo, Nagaswara, Trinity, dan Sani Music.

Menurut Direktur Marketing XL Joy Wahjudi, "Program PESTA RBT dan iRing ini dibuat untuk mendukung dan membangun industri musik digital untuk lebih cepat kembali ke kondisi semula dan meningkatkan animo masyarakat atas layanan RBT dan iRing. Dengan adanya satu kode akses, diharapkan pelanggan akan lebih mudah untuk menikmati layanan Ring Back Tone (RBT) dan iRing, tentunya dengan tetap memperhatikan segi transparansi dan keamanan bagi pelanggan. Seluruh pelaku bisnis musik digital masih commit untuk memberi yang terbaik kepada pelanggan.”

Sementara itu Erik Meijer, Director & Chief Marketing Officer Indosat mengatakan, "Inisiatif Indosat dan XL meluncurkan program Pesta RBT dan iRing tidak hanya untuk menjawab kebutuhan masyarakat, namun juga untuk menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat dan pelanggan dengan menghadirkan kembali layanan ini dengan lebih berkualitas, mudah dan aman sehingga masyarakat dan pelanggan merasa lebih nyaman dan tidak ragu-ragu lagi dalam menggunakan layanan ini."

Layanan RBT berlaku mulai hari ini dan akan tersedia customer service 24 jam untuk merespon setiap tanggapan ataupun permasalahan yang berkaitan dengan layanan tersebut. Tidak lupa diberikan promosi undian berhadiah pulsa, unit ponsel dan motor bagi para pelanggan yang menggunakan layanan ini.