Categories

Berita

XL Axiata Segera Bangun Data Center Baru di Balikpapan

Baru saja memperoleh tiga sertifikasi internasional, menargetkan lebih dari 250 pelanggan korporasi hingga akhir tahun

Michael Erlangga - 9 May 2015

Sebagai bagian layanan digital, XL Axiata (XL) berupaya meningkatkan kualitas layanan cloud-nya dengan membangun data center keempat di Balikpapan tahun ini. Dengan pengakuan tiga sertifikasi internasional untuk layanannya, data center XL diharapkan memiliki lebih dari 250 pelanggan korporasi di akhir tahun 2015. Saat ini mayoritas pelanggan data center XL adalah konsumen UKM.

"Saat ini cukup banyak korporasi di Indonesia yang masih menggunakan data center yang ada di luar negeri, antara lain di Singapura. Hal ini tentunya disayangkan karena banyak outgoing traffic yang ada dan biaya yang harus dibayar ke negara lain. Inilah yang mendorong XL untuk menyediakan layanan data center berstandar tinggi. Kami percaya, dengan tiga sertifikat yang baru kami miliki ini, infrastruktur layanan data center XL menjadi setara dengan yang ada di luar negeri,” ucap Chief Digital Service Officer XL Yessie D Yosetya melalui siaran pers yang kami terima.

XL melalui Divisi Cloud, saat ini memiliki tiga data center yang dapat dipergunakan oleh masyarakat/pelanggan di seluruh Indonesia. Ketiga data center tersebut berlokasi di Surabaya, Jakarta, dan Pekanbaru. Semua data center tersebut merupakan tempat layanan komputasi awan, collocation, dan bahkan juga Disaster Recovery Center (DRC) berada.

Semenjak akhir kuartal pertama tahun ini, data center XL telah mendapatkan sertifikat internasional yaitu, ISO/IEC 27001 untuk Information Security Management, ISO/IEC 20000-1 untuk Information Technology Services Management, dan sertifikat TIER III Design dari Uptime Institute, Amerika Serikat.

Lebih lanjut, Yessie mengklaim bahwa data center XL telah berstatus sebagai Neutral Data Center, yang memungkinkan pengguna bisa memanfaatkan layanan data center ini dengan memanfaatkan fasilitas koneksi selain yang dimiliki oleh XL. Sehingga memungkinkan menggaet lebih banyak pelanggan.

Tahun ini XL berencana membangun data center keempat yang berlokasi di Balikpapan. Tempat ini dipilih karena Pulau Kalimantan relatif lebih aman terhadap ancaman bencana alam ketimbang pulau-pulau lainnya di Indonesia. Secara total nantinya XL akan menyediakan infrastruktur sebanyak lebih dari 2.300 rak yang terletak pada bangunan dengan total luas sekitar 12 ribuan meter persegi dan lahan dengan total luas sebesar lebih dari 19 ribuan meter persegi.

Mayoritas pelanggan XL Data Center menggunakan layanan yang variatif. Hingga akhir kuartal pertama 2015 lalu, tercatat lebih dari 130 pelanggan korporasi, dengan komposisi UKM sebesar 65%. Keberadaan pelanggan UKM ini sangat penting karena mereka memang semustinya mendapatkan dukungan mengingat peran penting mereka sebagai sektor andalan penggerak perekonomian Indonesia. Target XL hingga akhir tahun ini ingin mendapatkan lebih dari 250 pelanggan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter