Categories

Berita

XL Home POW Jadi Usaha XL Axiata "Ganggu" Pasar "Home Broadband"

Menawarkan layanan internet rumahan berbasis "fiber optic" dengan kecepatan hingga 300 Mbps seharga 300 ribu per bulan

Amir Karimuddin - 30 April 2018

XL Axiata (XL) menyeriusi langkah memasuki bisnis home broadband dengan meluncurkan produk XL Home POW hari ini. Layanan ini menawarkan layanan internet rumahan berbasis fiber optic dengan kecepatan hingga 300 Mbps seharga 300 ribu per bulan. Pemesanan bisa dilakukan mulai tanggal 2 Mei mendatang secara online. Di masa awal, Home Pow baru tersedia di kawasan Jabodetabek. Branding POW menunjukkan apa yang ditawarkan memang bertujuan menggebrak pasar.

Gaung XL di bisnis fixed broadband sudah terasa sejak awal tahun ini. Keinginan mendiversifikasi bisnis, di luar core business telekomunikasi yang pertumbuhannya mulai melemah, mendorong XL memasuki segmen ini.

Tahun kemarin XL telah menjual layanan e-commerce-nya, Elevenia, ke Salim Group.

Kepada DailySocial, Direktur Corporate Strategy & Business Development XL Abhijit Navalekar menyebutkan sebagai perusahaan telekomunikasi, adalah suatu hal yang alami jika mereka melirik bisnis fixed broadband yang masih bersifat infrastruktur.

#LebihPOW dengan XL Home Pow

Tahun lalu XL Home sesungguhnya sudah menawarkan solusi home broadband berbasis wireless, tapi tahun ini Home Pow mencoba memberikan solusi yang lebih menyeluruh. Untuk menjamin kecepatan, mereka menjanjikan jaringan fiber optic hingga ke rumah-rumah (last mile). Meskipun demikian Abhijit mengungkapkan solusi yang ditawarkan Home Pow berupa kombinasi solusi fiber optic dan wireless, tergantung ketersediaan jaringan.

Untuk saat ini, Abhijit memastikan fokus Home Pow adalah pelanggan rumahan, meskipun tidak menutup kemungkinan memperluas pasar ke segmen SOHO dan korporasi di masa mendatang.

Set top box Android berbasis Oreo

XL Home Pow menawarkan paket yang bisa dibilang paling murah dibandingkan layanan yang diusung para pesaingnya. Tidak ada layanan lain yang menawarkan paket dengan kecepatan hingga 300 Mbps di harga tersebut. Secara umum untuk paket berkecepatan serupa dibutuhkan biaya lebih dari sejuta Rupiah per bulannya.

Termasuk dalam paket ini adalah set top box Android berbasis Oreo yang memiliki sertifikasi resmi dari Google. Pelanggan juga mendapatkan akses gratis untuk iFlix dan sejumlah layanan live channel (termasuk Kompas TV, Sport Illustrated, e-Sports).

Juga tersedia akses gratis 30 hari ke Netflix dan langganan uji coba melalui CatchPlay. Untuk mendukung tim eSport lokal, Home Pow bermitra dengan tim Indonesia nxl. 

Home Pow menjanjikan mode ramah anak KidzMode dan fungsi pencari suara melalui remote yang didukung lebih dari 30 bahasa dalam jajaran fitur unggulannya.

Meski tidak mengumumkan berapa dana yang digelontorkan untuk menyiapkan infrastruktur dan berapa target pelanggan yang disasar, Abhijit memastikan keseriusan ini dituangkan dalam bentuk dedicated team untuk mengurusi layanan teknis di lapangan dan layanan pelanggan.

“Produk baru yang mulai bisa didapatkan pelanggan pada 2 Mei 2018 ini merupakan jawaban atas banyaknya keluhan masyarakat terhadap performa layanan internet secara rata-rata di Indonesia yang kurang memuaskan. Dengan didukung oleh kualitas jaringan fiber optik yang kami miliki saat ini, selain internet super cepat, XL Home POW juga memberikan manfaat lain berupa layanan TV Android dengan teknologi terbaru," jelas Abhijit.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter