Categories

Berita

XL Resmikan Program XmartCities di NTB

Diresmikan hari ini, membawa empat layanan unggulan

Prayogo Ryza - 12 February 2016

PT XL Axiata Tbk (XL)  melanjutkan program XmartCities di wilayah Indonesia. Kali ini XL bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) meresmikan empat layanan digital baru yang diterapkan di NTB. Empat layanan tersebut meliputi pemesanan pemakaman, pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan XL Tunai, konten video dakwah bagi para ulama lokal, dan media komunikasi bagi panti asuhan.

Keempat program tersebut diresmikan langsung oleh Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Madji bersama dengan Direktur Digital Services XL Ongki Kurniawan Kamis (11/2).

Dalam rilis yang kami terima, Ongki mengatakan:

“Keempat layanan digital yang kini bisa mulai dimanfaatkan oleh masyarakat ini akan mengantar Provinsi NTB menjadi salah satu provinsi yang terdepan dalam memanfaatkan solusi digital dalam mengatasi problem sosial masyarakat, termasuk dalam menerapkan e-goverment. XL akan berusaha membantu pengembangan kerja sama ini di masa mendatang. XL mendukung program IBP (Internet Broadband Plan) & Smart City yang dicanangkan pemerintah, dengan memfasilitasi masyarakat Lombok dan sekitarnya untuk mendapatkan kemudahan terhadap informasi religi dan sosial,  melalui solusi digital dan jaringan 4G LTE XL.”

Layanan pertama yang termasuk dalam program XmartCities ini adalah layanan pemesanan makam. Layanan ini memungkinkan masyarakat setempat untuk memilih lokasi makan berdasarkan daerah, mengetahui lokasi makam sesuai statusnya,memilih dan memesan makam secara langsung, mengetahui status pemesanan dan mencari lokasi makam berdasarkan nama jenazah baik melalui aplikasi atau pun situs yang telah disediakan.

Layanan pemesanan makam tersebut bisa dinikmati oleh mereka yang berada di wilayah Karang Medain dan Bintaro, Kabupaten Lombok Barat di Demong Jempong dan Pemate, Lombok Tengah di Sengkerang dan Leneng Puah Raya, Lombok Timur di Selong dan Jero Waru, dan Lombok Utara di Nang Sebali Tanjung dan Karang Baru Pemenang.

Layanan selanjutnya adalah dakwah daring. Layanan ini memungkinkan para ulama untuk bisa menyebarkan materi dakwah secara daring dengan menggunakan format video. Saat ini tercatat ada tujuh ulama yang akan secara rutin mengisi konten dakwah di layanan ini, mereka adalah TGH Muh Khairi, KH Zainuddin Sulaiman, TGH Husain Basri, TGH Safwan Hakim, KH Zainudin Sulaiman, TGH Muharror Mahfuz, dan Ustad Satriawan Lc.

Solusi digital selanjutnya yang dibawa XmartCities di NTB adalah implementasi pembangunan situs untuk panti asuhan. Dengan adanya situs panti asuhan ini diharapkan bisa memudahkan proses sosialisasi kepada masyarakat luas mengenai kondisi dan kebutuhan setiap panti asuhan dan memudahkan penyaluran donasi. Dalam proses pembangunan situs panti asuhan ini XL mendapat dukungan teknis dari STIMIK Bumigora, Mataram.

Solusi terakhir yang diusung XmartCities ke Mataram, NTB adalah penggunaan XL Tunai untuk membayar paja kendaraan bermotor. Kerja sama penggunaan XL Tunai ini sudah disahkan awal Juni 2015 silam. Diharapkan melalui program ini XL Tunai bisa menjawab kebutuhan Pemerintah Provinsi NTB untuk meningkatkan tingkat pembayaran pajak, sekaligus mempermudah masyarakat untuk melakukan pembayaran. Ini sekaligus yang pertama di Indonesia untuk model kerja sama layanan seperti ini.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter