1. Startup

XL Gandeng Pemkot Yogyakarta Wujudkan Smart City dengan Program XL Xmart City

PT. XL Axiata Tbk (XL) pada Kamis (18/12) lalu resmi menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk wujudkan smart city dengan menerapkan program XL Xmart City. Program XL Xmart City ini merupakan program solusi digital terintegrasi untuk memecahkan masalah-masalah perkotaan, seperti urbanisasi, transportasi, dan kesehatan. Penandatanganan kesepakatan kerja sama dilakukan oleh Plt. Direktur Digital Service Officer XL Yessie D Yosetya dan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti di Balai Kota Yogyakarta.

VP Central Region XL Bambang Parikesit mengatakan, "Kami menyambut baik terwujudnya kerja sama dengan Pemkot Yogyakarta ini. Program XL Xmart City ini adalah wujud komitmen XL untuk turut membantu mengatasi berbagai permasalahan publik melalui teknologi digital untuk majukan Indonesia."

Sejumlah layanan, seperti mobile wallet XL Tunai‎ untuk transaksi perbankan, aplikasi listrik pintar dua arah SIMPLY, pembayaran PBB melalui solusi VPN, marketplace belanja online Elevenia, dan layanan berbasis cloud untuk mendukung perkembangan UKM (Usaha Kecil Menengah) dan IKM (Industri Kecil Menengah)‎ Usahawan akan diaplikasikan ke solusi digital ini.

Juga akan diterapkan Xcloud Solution yang merupakan solusi kesehatan berbasis komputasi awan dan jaringan CCTV melalui Video Xurveilance untuk membantu dalam mengawasi lalu lintas.

Yessie menjelaskan bahwa Yogya adalah kota pertama yang diajak untuk kerja sama dalam menerapkan program ini dan langkah pertama yang bisa diterapkan kemungkinan adalah pembayaran pajak secara online. Kerja sama ini akan segera direalisasikan pada tahun tahun depan untuk mewujudkan Yogya menjadi kota digital, dan meningkatkan transaksi non tunai.

Yessie menambahkan, "Dengan demikian, selain memecahkan masalah perkotaan secara terintegrasi, XL Xmart City juga akan berkontribusi menjadikan Yogyakarta sebagai salah satu Kota Pintar di dunia."

Dikutip dari Kedaulatan Rakyat Yogya Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyampaikan bahwa program semacam smart city ini penting untuk diterapkan di Kota Yogya mengingat predikat yang tersemat sebagai Kota Pariwisata dan Pendidikan yang menjadi tujuan kunjungan banyak orang. Pemberlakuan program ini diharapkan dapat mengurangi transaksi tunai di tengah masyarakat.

Selain Yogyakarta, pemerintah provinsi DKI Jakarta juga berinisiatif membangun smart city terdepan di Indonesia dengan menggandeng dua layanan global, Twitter dan Google.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again