Categories

Berita

XL XmartCity Yogyakarta Suguhkan Situs dan Aplikasi “Layak Anak”

Memberikan informasi mengenai seputar kampung ramah anak dan berita-berita terkait

Prayogo Ryza - 16 December 2015

XL Axiata kembali membuktikan komitmennya dalam program XmartCity. Kali ini bersama dengan pemerintah Yogyakarta, XL Axiata meluncurkan situs dan aplikasi Layak Anak. Kedua solusi digital tersebut nantinya akan menyuguhkan informasi mengenai keberadaan kampung ramah anak, statistik layak anak, dan serta berita seputar layak anak.

“Visi XL sangat jelas, yaitu kami membangun layanan ini sebagai wujud dari komitmen kami membantu masyarakat dalam usaha mengatasi berbagai permasalahan sosial melalui teknologi digital, dalam hal ini wanita dan anak anak. Selain itu, Yogyakarta selaku kota wanita, budaya dan pelajar adalah kota yang siap mengaplikasikan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Karena alasan itulah kami sangat mendukung ajakan Pemkot Yogyakarta untuk mengimplementasikan,” terang Direktur Digital Services Ongki Kurniawan.

Lebih jauh mengenai hal ini Ongki menjelaskan bahwa layanan Layak Anak ini bisa diakses di situs layakanak.org atau bisa mengunduh aplikasinya langsung di Google Play bagi mereka yang menggunakan gawai ber-platform Android. Untuk menghadirkan kedua layanan tersebut XL menggandeng STIKIK AMIKOM Yogyakarta.

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengungkapkan hadirnya layanan Layak Anak ini sejalan dengan visi kota Yogyakarta yang memang memiliki visi untuk menjadi kota layak Anak.

“Kota Yogyakarta sendiri memang memiliki visi untuk menjadi kota yang layak anak. Usaha untuk itu telah mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak sejak 2009 dari Kementerian‎ Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Tahun ini, penghargaan tersebut berhasil kami dipertahankan. Dengan implementasi sarana digital Layak Anak ini, maka akan semakin kukuh predikat Kota Yogyakarta sebagai kota yang ramah untuk ditinggali dan tempat pendidikan anak-anak. Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan Kota Yogyakarta berencana menambah 21 kampung ramah anak pada tahun ini sehingga jumlahnya menjadi 136 kampung hingga akhir tahun,” papar Haryadi.

Dari Kampung Ramah Anak hingga agenda kesehatan anak

Ada beberapa fitur utama yang terdapat di layanan Layak Anak ini. Salah satunya adalah fitur Kampung Ramah Anak (KRA). Pada fitur ini masyarakat bisa dengan mudah mengetahui informasi letak kampung ramah anak berada. Dengan informasi tersebut pengguna juga bisa saling mengenal, bertukar informasi dan pengalaman sehingga bisa membangun KRA.

Selain itu ada juga fitur agenda kesehatan anak. Pada fitur ini masyarakat terutama orang tua bisa mengatur agenda rutin dan pokok untuk menjamin kesehatan putra-putrinya. Agenda tersebut bisa seperti  jadwal berkunjung ke Posyandu, suntik Campak, BATITA, dan periksa gigi. Sementara pada bagian informasi berita, masyarakat bisa menyimak berita-berita terbaru mengenai tema anak dan wanita.

Program XL XmartCity Yogyakarta sendiri merupakan program solusi digital yang terintegrasi yang coba diterapkan untuk ikut membantu memecahkan berbagai masalah sosial perkotaan seperti urbanisasi, transportasi, dan kesehatan. Sejauh ini XL dan Pemkot Yogyakarta telah berkerja sama untuk membuat layanan aplikasi informasi yang akurat dan up to date yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Sebelumnya, XL juga telah mengimplementasikan layanan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan dengan menggunakan sarana e-money XL Tunai.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id