Categories

Mobile

[XLNetRally] Sambut Ramadhan dan Lebaran, XL Persiapkan Layanan dan Jaringan

wiku - 21 June 2013

Trenologi diundang untuk mengikuti uji layanan dan jaringan operator XL. Dengan program #XLNetRally 2013, XL mengundang rekan media dan blogger untuk mengalami langsung layanan dan jaringan XL di berbagai daerah.

Rombongan kami, yang terdiri dari 3 bis dan beberapa mobil pribadi yang menjalani rute Solo - Sragen - Ngawi - Madiun - Ponorogo. Selama perjalanan ini selain mencoba jaringan, rombongan diajak pula untuk mencoba berbagai layanan XL seperti XL Nonton, XL Karaoke selama perjalanan di dalam bis serta XL Tunai di Alfamart di kota Madiun. Selain itu sebagai titik awal perjalanan, rombongan mengunjungi BTS XL yang telah dimodernasi yang bertempat di Ngemplak, Boyolali.

Dalam program uji layanan dan jaringan ini, kendaraan yang digunakan juga dilengkapi dengan perangkat uji sinyal jadi bisa diketahui untuk kekuatan dan kualitas sinyal di sepanjang jalur baik untuk layanan 2G dan 3G. Data hasil uji ini di presentasikan pada akhir acara. Tim TRL juga mencoba secara langsung menggunakan nomor XL langsung dari ponsel.

Program ini dibuat tidak lain untuk memberitahukan pada rekan media dan blogger atas kesiapan XL menghadapi masa ramadhan dan Lebaran, dimana mudik, yang menjadi kegiatan rutin masyarakat Indonesia, bisa memberikan peningkatan penggunaan layanan jaringan operator dan menghasilkan lonjakan trafik.

Solo dan rute yang kemarin dilewati dipilih karena dianggap sebagai kota penghubung pemudik sebelum ke area lain. Solo menjadi semacan titik point sebelum pemudik menuju ke daerah lain di sekitarnya.

Dalam beberapa penjelasan selama acara, termasuk dalam rilis pers, XL juga menyadari semakin bergeserta minat konsumen akan penggunaan layanan operator, dari dulu yang berupa SMS dan voice menjadi ke data. XL mengatakan telah siap untuk meghadapi lonjakan yang akan hadir selama momen liburan nanti, khususnya mudik Lebaran.

Selama perjalanan yang dilakukan kemairn, tim TRL juga terus menggunakan jaringan XL untuk mengakses media sosial, mengecek email dan melakukan speed test, serta mencoba langsung beberapa layanan konten XL.

Untuk jaringan, meski saya tidak bisa memberikan gambaran detail, namun pengalaman yang dirasakan cukup stabil, meski memang dibeberapa titik sempat terjadi jaringan yang kurang baik. Beberapa lokasi seperti ketika melewati hutan atau area pinggir kota jaringan agak kurang baik atau minimal hanya mendapatkan 2G tidak 3G.

Seperti yang dipresentasikan pada akhir acara NetRally, pihak XL sendiri menyebutkan bahwa daerah perkotaan sebagian besar telah disiapkan secara baik yaitu jaringan 3G, dan di beberapa daerah lain dipersiapkan untuk 2G.

Untuk bebeberapa data lain atas layanan XL, disebutkan bahwa saat ini XL sehari-hari melayani trafik percakapan hinggan 600 juta menit, SMS 750 juta dan data 185 terabyte. Sepanjang Ramadhan dan Lebaran 2013 diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik hingga 20-30 % dari trafik normal sehari-hari.

XL kini memiliki lebih dari 49.1 juta pelanggan dengan lebih dari 39.819 BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G) dan jaringan backbone fiber optic sepanjangan pulau Jawa ke Sumatera, Batam, Kalimantan dan Sulawesi. Jaringan XL didukung oleh teknologi canggih seperti MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional. Teknologi ini untuk menghindari lonjakan trafik pada suatu lokasi tertentu karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik.

Selain jaringan untuk persiapan lonjakan SMS/Voice, XL pun mempersiapkan akses internet dan data dengan layanan HotRod 3G+ yang dilengkapi pilihan paket sesuai kebutuhan konsumen. Cakupan HotRod 3G+ ini terus diperluas. Saat ini kota yang terlayani oleh HotRod 3G ada di 22 area antara lain: Jakarta, Medan, Bekasi, Depok, Tangerang, Surabaya, Palembang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Serang, Bogor, Makasar, Mataram, Batam, Pekanbaru, Lampung, Purwakarta, Cirebon, Tegal, Solo dan Banjarmasin.

Berikut beberapa foto saat liputan acara #XLNetRally tanggal 19 − 20 Juni 2013, Solo - Ponorogo.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter