1. Lifestyle

Yamaha Sulap Seorang Penari Menjadi Pianis dengan Bantuan AI

Bukti bahwa AI juga punya potensi di ranah seni

Di balik pesatnya perkembangan teknologi artificial intelligence (AI), ada yang merasa khawatir akan kemungkinan terjadinya skenario di mana AI merebut sebagian besar lapangan pekerjaan manusia. Di tempat lain, mereka yang berjiwa optimis berpikiran bahwa profesi di bidang seni masih aman dari bidikan AI, tapi apakah benar demikian?

Saya kira belum ada yang benar-benar berani menjawab iya atau tidak, akan tetapi eksperimen yang dilakukan Yamaha baru-baru ini bisa membuka pandangan kita bahwa AI juga punya potensi di ranah seni. Namun jangan buru-buru menyimpulkan bahwa AI juga akan menjadi penyebab banyaknya seniman yang pensiun. Dari kacamata positif, ini bisa dilihat sebagai cara baru untuk mengekspresikan diri melalui perpaduan seni dan teknologi.

Eksperimen yang dimaksud adalah mengubah seorang penari menjadi pianis, menerjemahkan setiap pergerakan tubuhnya menjadi pencetan demi pencetan pada tuts piano. Penarinya bukan sembarangan, melainkan seorang Kaiji Moriyama yang sudah banyak memenangi berbagai penghargaan.

Tubuh atletis sang penari dipasangi empat jenis sensor yang berbeda untuk membaca pergerakannya. Selanjutnya, AI bertugas menganalisa sinyal yang berasal dari sensor tersebut, mengolahnya dengan database melodi yang ada menjadi data MIDI, sebelum akhirnya mengirimkan semua informasi tersebut ke piano Yamaha Disklavier. Tentu saja semuanya berlangsung secara real-time.

Kalau hanya didengarkan sepotong-sepotong, lantunan suara pianonya mungkin terdengar seperti musik ngawur. Namun ketika didengarkan sepenuhnya, lengkap dengan iringan dari Berlin Philharmonic Orchestra Scharoun Ensemble yang sinkron, komposisinya jadi terdengar cukup unik, seperti yang bisa Anda simak sendiri pada video di bawah – meski saya yakin tidak semua orang bakal suka.

Sumber: Yamaha.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again