1. Lifestyle

Yahoo dan Bing Berpotensi Geser Google Sebagai Mesin Pencari Default Safari

Selama ini Google masih menjadi pemegang hak ekslusif sebagai mesin pencari default di peramban Safari untuk perangkat iOS. Namun posisi Google tampaknya dalam ancaman serius mengingat kontrak mereka akan berakhir tahun depan, sementara Yahoo dan Microsoft dikabarkan agresif melakukan pendekatan untuk menggeser Google dengan layanan mereka.

Yahoo, Microsoft dan Google adalah tiga perusahaan yang saling berjibaku dalam banyak hal. Yang paling dominan adalah persaingan mesin pencari ketiganya. Google terbilang nyaman dan berada di atas angin, jauh meninggalkan Yahoo dan Microsoft dengan Bing-nya.

Namun Google sepertinya tak boleh lengah sedikitpun, dilansir dari The Information via Uberigizmo bahwa kedua pesaingnya itu sudah melakukan pembicaraan serius dengan SVP Apple, Eddy Cue untuk menjajaki kemungkinan menggantikan Google sebagai mesin pencari peramban Safari untuk perangkat iPhone dan iPad.

 

Info Menarik: [Pic of The Day] Peta Persaingan Aplikasi Pesan Dalam Angka

 

Yahoo dan Microsoft pastinya mempunyai cara masing-masing untuk melancarkan rayuannya. Salah satu dari mereka punya kans besar untuk mengambil alih posisi Google mengingat Apple juga menggunakan beberapa layanan di luar Google untuk beberapa fitur di produk mereka. Misalnya pilihan Bing Search untuk aplikasi asisten virtual mereka, Siri. Atau beberapa 'perseteruan' sengit di waktu dulu semisal penggantian aplikasi peta di iOS.

Google sekarang berada di posisi yang kurang menguntungkan, apalagi sebelumnya mereka juga kehilangan Mozilla yang memutuskan untuk menggunakan Yahoo sebagai mesin pencaridefault di Firefox untuk pasar AS.

Tapi Google masih punya beberapa bulan untuk melakukan pendekatan ke Apple dan membicarakan negosiasi baru, mungkin salah satu cara yang mampu meluluhkan Apple dengan menawarkan bayaran yang lebih tinggi. Mungkin.

Sumber gambar header Drscottconsulting.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again