1. Startup

Yahoo Jaring Rekanan Untuk ConnectedTV

Yahoo telah sukses mendapatkan rekanan untuk project Connected TV yang sedang dibangunnya meskipun mendapatkan kompetisi baru dari beberapa perusahaan yang juga ingin membawa film dan aplikasi dari internet ke perangkat televisi.

Kompetitor baru seperti DivX, kemarin mengumumkan platform bernama DivX TV yang memungkinkan streaming film dan aplikasi dari web ke perangkat TV, BluRay dan game konsol. LG Electronics adalah salah satu perusahaan awal yang melisensi DivX TV untuk dipasangkan di perangkat home theatre miliknya. Melalui DivX TV ini pengguna diharuskan untuk membayar untuk mendapatkan akses ke film, video, dan juga jejaring sosial serta situs sharing foto.

Selain Yahoo dan DivX, ada juga Vudu yang sukses bekerjasama dengan Sanyo, Samsung, Sharp dan Toshiba, LG, Mitsubishi dan Vizio untuk menstreaming film dan aplikasinya dari server milik Vudu.

TV yang terkoneksi ke internet ini memang belakangan sedang hangat dibicarakan, sebuah teknologi yang dinanti banyak orang terutama vendor hardware dan web service yang nantinya akan terekspose ke jutaan consumer secara langsung di ruang tamu mereka. Kemungkinan yang hampir tidak terbatas baik dari sisi produk maupun monetisasi layanan.

Yahoo sendiri meluncurkan  produk Connected TV miliknya tahun lalu dengan dukungan dari Sony, Samsung, LG dan Vizio. Dan kamis lalu di event CES, Yahoo mengumumkan vendor Hisense juga telah bergabung dengan rekanan Yahoo lainnya untuk menjual perangkat televisi High Definition yang terhubung ke internet melalui Yahoo Widget Engine yang mampu digunakan untuk menonton film dari internet dan aplikasi web lainnya.

Masuk ke dalam rantai rekanan Yahoo adalah MIPS Technology, SigmaDesigns, ViewSonic dan juga Brightcove yang merupakan platform video yang sangat populer di Internet. Brightcove sendiri selain menjadi rekanan untuk Yahoo Connected TV namun juga masuk menjadi rekanan di DivX TV.

Ayo, coba kita bayangkan pagi-pagi bangun tidur dan kita menyalakan televisi dan disitu sudah terpampang berbagai widget seperti cuaca Jakarta, berita dari DailySocial.net dan Kompas.com, notifikasi facebook (??) dan update twitter. Hah, pasti memudahkan hidup anda bukan?

sumber:pcworld

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again