22 August 2013

by wiku

Yahoo Juara di AS, Jadi yang Paling Banyak Dikunjungi (Updated)

Yahoo kini berjaya di AS, mengalahkan Google dari sisi kunjungan internet terbanyak atas properti internet yang mereka miliki.

Google sendiri menjadi pemimpin di AS untuk posisi nomor satu dari sisi trafik internet sejak 2008, kini tahta harus diserahkan pada pesaing mereka, Yahoo.

Seperti yang diberitakan oleh Cnet, data ini diperoleh dari comScore yang baru saja merilis laporan bulanan dari 50 properti internet paling populer. Untuk bulan Juli 2013, Yahoo ada di posisi pertama dengan 196.564.000 kunjungan sedangkan Google 192.251.000.

Masih dari Cnet, disebutkan bahwa kenaikan ini dipicu oleh akuisisi Tumblr yang dilakukan Yahoo beberapa waktu lalu. Kita tau bahwa Tumblr cukup populer dan menarik trafik internet yang cukup baik, termasuk di AS. comScore juga memberikan catatan bahwa meski Tumblr sendiri masuk dalam posisi tersendiri dalam peringkat ini namun Tumblr memberikan juga trafik pada sindikasi situs lainnya.

Pembelian Tumblr atas Yahoo sepertinya membuahkan hasil. Beberapa analis menyebutkan bahwa strategi akuisisi yang dilakukan Marissa Mayer atas Tumblr salah satunya adalah untuk mendekatkan Yahoo pada kalangan internet masa kini dan menjadikan Yahoo keren kembali. Selain itu tentunya popularitas dari Tumblr (baca trafik) akan berguna bagi Yahoo.

Untuk melihat data resmi bisa melihat gambar di bawah atau lebih lengkap di situs resmi comScore.

Update: Informasi lain dari AllThingsD menyebutkan bahwa data statistik trafik web yang telah diumumkan di atas tidak termasuk kategori mobile, dimana jika ini diikutsertakan dalam laporan yang mencakup rangking multi-platform, Google bisa jadi akan menjadi raja kembali dengan menempati posisi pertama.

AllThingsD juga menyebutkan bahwa angka yang didapat Yahoo ini tidak termasuk Tumblr, namun seperti yang disebutkan di atas, artikel Cnet mencatat adanya keterangan tambahan yang disebutkan ComScore.

Sumber gambar Eric Broder Van Dyke/Shutterstock.