4 March 2013

by Iqbal Farabi

Yahoo! Kembali Menghentikan Beberapa Produk dan Layanan

Dalam upayanya untuk membenahi fokus perusahaan, Yahoo! kembali mengambil langkah untuk menghentikan beberapa produk dan layanan. Langkah ini diumumkan melalui blog perusahaan pada hari Jumat lalu oleh Jay Rossiter, wakil direktur senior Yahoo!.

Pada pengumuman tersebut, Rossiter menyatakan bahwa dalam memilih produk dan layanan mana yang dihentikan, Yahoo! melakukannya berdasarkan kriteria utama penggunaan sehari-hari aplikasi tersebut. Jika penggunaan aplikasi tersebut dirasa tidak lagi menjadi kebiasaan harian pengguna, maka aplikasi tersebut dihentikan.

Secara keseluruhan, ada tujuh aplikasi yang dihentikan oleh Yahoo!. Enam diantaranya akan dihentikan pada 1 April nanti, sementara satu lainnya dihentikan pada 16 April. Meskipun demikian, beberapa aplikasi akan tetap bisa digunakan walaupun tidak lagi didukung oleh Yahoo!. Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. Yahoo! Avatars

Aplikasi ini akan dihentikan pada 1 April. Yahoo! menganjurkan pengguna yang ingin mengunduh avatar yang sudah dibuatnya melalui tautan ini. Sebagai penggantinya, Yahoo! menyarankan pengguna untuk menggunakan Yahoo! Profile.

2. Yahoo! App untuk BlackBerry

Setelah tanggal terminasi nanti, Yahoo! tidak melayani pengunduhan aplikasi ini. Meskipun demikian, pengguna yang sudah menggunakan aplikasi ini masih akan bisa menggunakannya, tentunya tanpa bisa mengharapkan akan adanya update aplikasi di masa depan.

3. Yahoo! Clues

Aplikasi yang masih dalam tahap beta ini tidak akan sempat menuju versi rilis karena akan dihentikan pada 1 April nanti.

4. Yahoo! App Search

Dihentikan tanggal 1 April.

5. Yahoo! Sports IQ

Selepas penghentian pada tanggal 1 April nanti, akun pengguna Yahoo! Sports IQ akan dipindahkan ke Yahoo! Fantasy Profile.

6. Yahoo! Message Boards

Situs Yahoo! Message Boards akan dihentikan mulai 1 April. Meskipun, layanan message board pada beberapa situs Yahoo lainnya seperti Yahoo! Finance dan Yahoo! Fantasy Sports tetap bisa digunakan. Sedangkan untuk tanya jawab secara umum, Yahoo! menyarankan pengguna untuk menggunakan Yahoo! Answer.

7. Yahoo! Updates API

Merupakan satu-satunya layanan yang dihentikan pada 16 April. Dengan dihentikannya layanan ini, pengembang tidak lagi bisa mengakses API untuk Yahoo! Updates.

Upaya untuk fokus ini sepertinya bagian dari strategi Yahoo! untuk tetap kompetitif, mengingat pada laporan terbaru, hanya aplikasi Yahoo! Messenger yang berhasil masuk ke daftar 10 aplikasi mobile paling populer di Amerika Serikat. Selain langkah ini, sebelumnya Yahoo juga sudah memperbarui tampilan halaman muka situsnya.