Categories

Berita

Yahoo Kenalkan Pembaruan untuk Yahoo Messenger

Berjanji melakukan pembaruan setiap dua minggu

Yenny Yusra - 3 December 2015

Hari ini secara serentak pembaruan dari Yahoo Messenger tersedia secara global di Apple App Store dan Google Play, juga di Internet. Yahoo Messenger di Yahoo Mail versi desktop juga dapat dinikmati mulai sekarang. Aplikasi ini baru tersedia dalam Bahasa Inggris namun akan segera hadir dalam bahasa lokal.

“Kami senang dapat memperkenalkan generasi selanjutnya dari Yahoo Messenger. Produk ini telah lama menjadi salah satu produk utama kami, namun sudah waktunya untuk didesain kembali dari awal dan berinvestasi pada salah satu produk terpenting dalam sejarah perusahaan kami,” ungkap Senior Director Product Management Yahoo Austin Shoemaker.

Beberapa fitur andalan yang ditampilkan oleh Yahoo untuk platform messenger-nya di antaranya adalah pengiriman foto dalam jumlah banyak. Dengan kualitas hi-res, foto-foto tersebut bisa dikirimkan pada saat percakapan dalam groups chat atau single conversation.

Selain pengiriman foto dari library atau camera roll di ponsel, foto-foto yang dikirimkan juga bisa diambil dari Flickr. Tanpa harus melakukan sign-in terlebih dahulu, pengguna bisa memilih foto langsung dari Flickr.

“Kita menggunakan Flickr backend platform jadi tidak harus masuk ke Flickr app. Secara otomatis foto yang dicari dari Flickr bisa langsung dikirimkan dalam percakapan kepada penerima pesan melalui Yahoo Messenger,” kata Austin.

Semua foto yang dikirimkan dan berasal dari camera roll dan Flickr akan berbentuk horisontal dan secara otomatis menyesuaikan ukuran yang telah ditentukan formatnya oleh Yahoo Messenger.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Yahoo Messenger  terbaru adalah Anda bisa me-Like foto-foto yang dikirimkan oleh teman Anda dalam single conversation (satu sama lainnya) atau group chat. Fungsi Like ini merupakan feedback tercepat yang bisa dihadirkan oleh Yahoo Messenger untuk sebuah percakapan tanpa harus mengirimkan pesan kembali untuk memberikan jawaban. Fungsi ini tentunya akan sangat membantu dalam group chat sehingga mengurangi terlalu seringnya notifikasi atau pesan yang masuk.

Yang menjadi fitur paling menarik dalam pembaruan yang dilakukan oleh Yahoo Messenger kali ini adalah pilihan animated GIF yang berasal dari Tumblr. Dengan mencari GIF yang diinginkan sesuai dengan kata kunci (keyword), nantinya akan tampil pilihan GIF yang berasal dari Tumblr sebagai source.

“Selama ini Tumblr merupakan sumber andalan dalam hal pencarian GIF di internet. Kami dari tim Yahoo berhasil mengintegrasikan teknologi tersebut, sehingga pengguna Yahoo Messenger bisa mencari GIF yang disuka kemudian mengirimkannya kepada teman dalam percakapan,” kata Austin.

Jika di chat atau messaging platform lainnya Anda kerap kesulitan untuk menghapus pesan yang telah terkirim, di Yahoo Messenger versi terbaru hal tersebut bisa dilakukan.

Semua pesan yang ingin dihapus kini bisa langsung dihilangkan dengan langkah mudah sentuhan sekali saja. Fitur pembatalan/penghapusan ini juga berlaku untuk foto dan GIF.

Pengguna Yahoo Messenger di desktop (baik web atau Yahoo Mail versi desktop) dapat menikmati fitur Account Key, yang menggunakan push notification untuk memberikan akses cepat dan aman ke akun Anda dari aplikasi mobile Yahoo Messenger. Anda akan terbebas dari keharusan menghafal kata sandi yang rumit dan membuat proses sign-in semudah menyentuh sebuah tombol.

Berfungsi dengan baik tanpa koneksi

Keunggulan lain yang dicoba ditawarkan oleh Yahoo Messenger baru adalah jika ternyata Anda mengalami gangguan koneksi pada saat mengirimkan foto atau GIF, semua foto yang terkirim akan langsung bisa diterima pada saat koneksi Anda kembali sempurna. Berbeda dengan chat atau messaging platform lainnya yang mengharuskan Anda untuk mengunduh foto atau file terlebih dahulu, di Yahoo Messenger versi terbaru semua sudah langsung diterima.

“Hal ini juga berlaku ketika ponsel Anda dalam posisi offline. Secara otomatis foto-foto yang telah terkirim akan langsung diterima dengan cepat tanpa membutuhkan waktu load yang lama di ponsel penerima,” kata Austin.

Yahoo Messenger versi terbaru ini masih belum ditambahkan fungsi audio, video, dan stiker, namun dalam beberapa waktu ke depan fitur-fitur tersebut dapat tersedia, mengikuti roadmap Yahoo yang ingin memberikan inovasi terbaru setiap dua minggu.

“Kami berjanji akan memberikan fitur terbaru serta update terkini setiap dua minggu kepada seluruh pengguna setia Yahoo Messenger,” tutup Austin.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id