21 May 2013

by wiku

Yahoo Resmi Beli Tumblr

Pengumuman resmi atas rencana pembelian Tumblr oleh Yahoo akhirnya diumumkan. Kedua perusahaan ini telah mencapai kesepakatan definitif untuk proses akuisisi.

Angka pembelian sekitar $1.1 miliar uang tunai (tidak ada pembelian dalam bentuk saham), sesuai dengan kabar beberapa waktu lalu. Yahoo, dalam rilisan pers mengatakan bahwa tidak akan mengacaukan akuisisi ini, Tumblr akan tetap beroperasi mandiri, David Karp akan tetap menjadi CEO, sedangkan untuk layanan dan mereknya juga akan tetap dikembangkan layaknya yang distrategikan Tumblr.

Kedua layananan ini disebutkan akna saling mendukung. Yahoo akan bisa memberikan Tumblr teknologi personalisasi dan infrastruktur pencarian untuk pengembanan layanannya sedangkan Tumblr bisa memberikan 50 miliar blog post pada jaringan media Yahoo. Tumblr juga dianggap bisa memberikan audiens yang lebih muda dan lekat dengan tren yang masa kini.

Data statistik sendiri diungkapkan bahwa saat ini Tumblr memiliki 300 juta pengunjung unik perbulan, 120.000 pendaftar tiap hari. Untuk perangkat bergerak lebih dari setengah pengguna Tumblr mengakses dari aplikasi mobile dan rata-rata 7 sesi per hari.

Kombinasi keduanya diharapkan bisa meningkatkan audiens Yahoo 50% menjadi lebih dari 1 miliar pengunjung perbulan dan meningkatkan traffic sekitar 20%.

CEO Tumblr juga menegaskan dalam blog post di Tumblr bahwa time yang ada di layanan blogging ini tidak akan berubah, rencana pengembangan juga tidak, misi layanan ini pun tidak akan berubah. Dukungan Yahoo akan membantuk Tumblr lebih cepat dengan sumber daya tambahan.

Namun demikian, Yahoo disebutkan akan meningkatkan penempatan serta mempelajari bagaimana mereka akan memperkenalkan iklan secara β€˜halus’. Cara lain adalah dengan menempatkan iklan di blog dengan persetujuan blogger.

Rilis resmi bisa dilihat di tautan ini via AllThingsD, baik CEO Yahoo, Marissa Mayer dan David Karp, CEO Tumblr, masing-masing menuliskan pengumuman akan akuisisi ini di blog masing-masing. Anda bisa melihat di sini dan sini. Proses pembelian diperkirakan akan selesai pada second half tahun ini.

Sumber artikel AllThingsD 1, 2 dan blog Tumblr.Β