3 July 2013

by Bambang Winarso

Yahoo Resmi Akuisisi Qwiki

Yahoo kian agresif dalam upaya ekspansi bisnis mereka dengan melakukan berbagai akuisisi bernilai jutaan Dollar. Di bawah kepemimpinan Marissa Mayer, Yahoo telah melakukan berbagai manuver. Setelah mengambil alih aplikasi layanan berita Summly dan menggelontorkan dana besar membeli layanan blog Tumblr, sepertinya belum membuat Yahoo berpuas diri.

Dikutip dari Mashable, setelah isu pembelian Qwiki oleh Yahoo merebak pertengahan Juni lalu akhirnya Yahoo resmi membeli startup Qwiki dengan nilai (diperkirakan) sebesar 50 Juta Dollar Amerika atau setara dengan Rp 497,25 miliar. Kedua perusahaan telah resmi mengumumkan kesepakatan akuisisi tersebut pada hari Selasa lalu. Pembelian ini menjadi yang kesekian bagi Yahoo terutama untuk aplikasi berbasis mobile.

Qwiki pertama kali muncul sebagai startup yang menawarkan layanan multimedia lengkap dengan fitur pencarian, guna memperkuat basis bisnis mereka menggandeng ABC News sebagai partner konten, kemudian memperlebar jenis layanan ke penerbitan cerita interaktif.

Tak lama kemudian Qwiki beralih ke platform mobile dengan meluncurkan aplikasi berbasis iOS dan fokus ke layanan konten dari pengguna. Selama beroperasi Qwiki sudah berhasil mengumpulkan dana hingga $10 Juta yang didapatkan dari berbagai sumber investasi, salah satunya adalah Lightbank dan Lerer Ventures. Hal ini yang kemudian membuat Yahoo tergiur dan akhirnya memutuskan untuk membeli Qwiki. Meskipun bukan kali pertama bagi Yahoo membeli startup berbasis mobile, namun ini adalah satu-satunya pembelian yang menghabiskan uang di bawah 100 Juta Dollar Amerika. Layanan Qwiki nantinya akan tetap beroperasi normal dan akan mendapat dukungan dari Yahoo.

Marissa Mayer diyakini mempunyai alasan lain di balik pembelian Qwiki, keberadaan CEO Doug Imbruce dan Louis Monier disinyalir berperan besar terhadap keputusan akuisisi tersebut. Anda mungkin masih ingat dengan Louis Monier, ia adalah sosok penting yang mempelopori berdirinya mesin pencari Altavista yang dahulu sempat populer sebelum Google sehebat sekarang. Namun di tahun 2011, Monier memutuskan untuk hengkang dan memulai bisnisnya sendiri.

Beberapa jam setelah pengumuman akuisisi Qwiki, saham Yahoo bergerak datar. Apakah ini pertanda bahwa pembelian tersebut adalah langkah bisnis yang sia-sia? Atau Marissa Mayer mempunyai rencana lain untuk Qwiki? Yang pasti kita akan menunggu strategi jitu apa yang akan dilakukan Marissa di puluhan aplikasi dan startup yang Yahoo beli.