Categories

Internet

Yahoo! Rilis Yahoo! Olahraga untuk Perkuat Bisnis Media

Rama Mamuaya - 17 July 2012

Pada final Piala Eropa 2012 yang digelar awal bulan ini, Yahoo! Indonesia menyelenggarakan acara nonton bareng bertajuk Night of the Fanatics. Acara ini sekaligus menjadi peluncuran Yahoo! Olahraga, sebuah portal di mana masyarakat Indonesia dapat membaca berita-berita berbagai cabang olahraga dari seluruh dunia. Yahoo! Olahraga ini sejalan dengan visi Yahoo! untuk memperkuat bisnis utama mereka sebagai media online. Yahoo! berusaha untuk kembali merajai bidang ini.

Yahoo! Olahraga sebenarnya telah dapat diakses dalam status soft lauching sejak awal tahun ini. Pada pergelaran pesta sepak bola Piala Eropa, Yahoo! Olahraga tidak hanya memberitakannya dalam bentuk artikel tetapi juga menyajikan video, foto, biografi, quiz, live commentary, real-time feeds, lembaran skor dan hasil pertandingan. Setelah ini, Yahoo! Olahraga akan bersiap untuk menyambut pesta olahraga lainnya yakni Olimpiade 2012.

Konten berita Yahoo! Olahraga berasal dari agregrasi situs-situs berita lain seperti Goal.com, Bola.net, TribunNews, dan AFP. Keberhasilan Yahoo! menggandeng Goal.com dan Bola.net menjadi suatu kelebihan tersendiri. Menurut saya, Goal.com adalah situs berita sepakbola terbaik yang ada saat ini, sedangkan Bola.net mempunyai keunggulan dalam berita-berita sepakbola lokal. Seperti yang kita ketahui, sepak bola merupakan olahraga favorit bangsa Indonesia dalam hal memainkannya atau sekedar menontonnya. Karenanya, berita-berita sepak bola baik lokal maupun mancanegara yang terangkum dalam Yahoo! Olahraga punya pasar yang besar yang dapat ditarik.

Tetapi tentu saja, karena kontennya berasal dari situs-situs lain, konten yang ada di Yahoo! Olahraga juga terdapat di situs lain. Selain konten tersebut ada dalam satu tempat, harus ada hal lain yang menarik pengguna agar mengkonsumsi konten-konten tersebut. Di Yahoo! Sports global, ada kolom blog yang sepertinya merupakan user generated content. Beberapa blog yang terdapat dalam Yahoo! Sports menurut saya menarik karena menghadirkan pandangan yang berbeda dengan yang ada pada media mainstream. Saya sendiri mengikuti blog Dirty Tackle pada Yahoo! Sports.

Nah, konten seperti ini juga bisa diandalkan oleh Yahoo! Olahraga untuk merebut pasar pembaca di Indonesia. Yahoo! Olahraga saat ini mempunyai kolom blog dengan satu channel. Ini permulaan yang bagus tetapi masih perlu ditingkatkan.

Selain di Indonesia, Yahoo! Olahraga juga diluncurkan di Singapura dan Filipina.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter