Categories

Mobile

Yahoo Luncurkan Aplikasi Group Chat Baru

Yahoo Squirrel tersedia untuk platform Android dan iOS

Bambang Winarso - 8 May 2018

Yahoo ikut bergabung ke dalam pesta aplikasi pesan instan dengan meluncurkan aplikasi percakapan grup baru bernama Squirrel. Diluncurkan untuk pengguna Android dan iOS, Squirrel saat ini sudah nampang di Play Store dan juga App Store, meskipun hanya bisa digunakan oleh pengguna yang memperoleh undangan. Hanya pengguna yang sudah memakai aplikasi yang bisa mengundang pengguna lain. Alternatifnya, Anda bisa meminta teman yang sudah memakai Squirrel untuk mengundang Anda.

Yahoo berjuang sangat keras untuk tetap bertahan di industri internet. Namun platform Android yang kian populer menjadi peluang baru bagi Yahoo untuk kembali mencuri perhatian dunia. Squirrel tampaknya menjadi barometer untuk mengukur seberapa manis industri piranti lunak mobile Android. Jika Squirrel sukses, bukan tak mungkin Yahoo akan kembali melahirkan aplikasi-aplikasi baru lainnya.

Kembali ke Squirrel. Jadi, ini adalah aplikasi chat yang dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan kelompok, komunitas, atau orang-orang dengan ketertarikan yang sama.

Berdasarkan screnshot yang diunggah ke Play Store dan App Store, Squirrel tampak menawarkan antarmuka yang segar dan hangat, cocok untuk orang dengan berbagai latar belakang. Pengguna bisa membuat beberapa chat room untuk topik atau komunitas yang berbeda. Untuk keamanan, Squirrel juga menawarkan fitur Secret Room untuk percakapan yang bersifat rahasia. Selain itu, Squirrel juga menerapkan skema undangan untuk menambahkan kontak, sehingga pengguna tidak harus berbagi informasi kontak dengan Yahoo yang memang selama ini dikenal punya reputasi buruk soal keamanan data.

Dalam berbincang dengan grup, pengguna juga bisa mengirimkan berbagai jenis dokumen dan berkas, seperti foto, video, dokumen dan tautan. Saat mengobrol, pengguna juga bisa membuat reaksi lucu menggunakan fitur one-tap reaction.

Menurut saya, Squirrel punya konsep yang cukup menarik meskipun kans-nya untuk berkembang akan tergantung pada kesiapan Yahoo sendiri. Kesiapan untuk bertarung habis-habisan. Pasalnya, terjun ke relung yang sudah dihuni oleh banyak pemain tak bisa dilakukan setengah-setengah. Butuh totalitas dan determinasi tinggi. Salah satu kekuatan Yahoo terletak pada brand awareness-nya yang sudah kadung kuat. Mungkin Yahoo bisa belajar kepada Nokia yang sukses menjalani reinkarnasi bersama HMD Global.

Sumber berita AndroidPolice.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter