23 October 2015

by Glenn Kaonang

Yamaha Juga Punya Sistem Audio Multi-Room untuk Menghadang Sonos

Sonos patut berbangga, pasalnya inovasi multi-room yang mereka pelopori kini berhasil membuat pabrikan-pabrikan perangkat audio lainnya latah dan mengikuti jejak Sonos. Bahkan nama besar di industri audio seperti Yamaha pun tidak sungkan mengungkap kehadiran sistem multi-room besutannya sendiri pada bulan Agustus kemarin.

Dijuluki Yamaha MusicCast, prinsip dasarnya sebenarnya sama, dimana pengguna bisa memutar musik di beberapa speaker sekaligus yang tersebar di sejumlah ruangan. Semua ini bisa diatur melalui satu aplikasi di smartphone atau tablet yang berperan sebagai pusat kontrol.

Kendati demikian, keunikan MusicCast adalah sumber kontennya bisa bermacam-macam, mulai dari vinyl, CD, siaran televisi sampai layanan streaming musik tentunya – dengan catatan Anda punya salah satu A/V receiver Yamaha generasi terbaru. Kalau tidak, well, Anda tetap bisa menikmati MusicCast seperti sistem multi-room lainnya, mengandalkan konten yang berasal dari smartphone, tablet ataupun laptop.

Info menarik: Philips Izzy Ramaikan Kompetisi Speaker Multi-Room

Salah satu produk MusicCast yang pertama dirilis adalah WX-030, alias MusicCast Wireless Speaker. Ini merupakan anggota pertama dari lini MusicCast yang akan terdiri dari sekitar 20 perangkat pada akhir tahun nanti. WX-030 sendiri sebenarnya merupakan speaker nirkabel standar, mengusung konektivitas Bluetooth dan Wi-Fi, plus dilengkapi port Ethernet semisal Anda perlu menyambungkannya langsung ke router.

Kinerja WX-030 perihal reproduksi suara ditunjang oleh perpaduan tweeter, woofer dan radiator pasif berukuran besar yang semuanya dikemas dalam wujud cukup elegan. Speaker ini bisa memutar file audio hi-res 24-bit/192kHz yang memang sudah menjadi standar dari lini Yamaha MusicCast.

Saat ini Yamaha WX-030 sudah dipasarkan seharga $250, dan hadir dalam warna hitam atau putih. Aplikasi pendampingnya tersedia buat Android maupun iOS.

Sumber: Digital Trends.