21 October 2016

by Yoga Wisesa

Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Nintendo Switch

Nintendo Switch ialah perangkat hiburan yang mencoba memberikan Anda segalanya.

Beberapa jam lalu, Nintendo akhirnya menanggalkan nama panggilan platform hiburan baru yang sedang mereka poles. Ucapkan selamat tinggal pada NX, dan ayo sambut Nintendo Switch. Diperkenalkan perdana lewat sebuah video, perangkat ini memang tersaji seperti gambaran rumor-rumor terdahulu, yaitu sebuah perpaduan antara console tradisional dengan handheld.

Nintendo Switch ialah device yang mencoba memberikan Anda segalanya: pengalaman gaming ala home console dalam mode singleplayer maupun multiplayer, keleluasaan mengakses konten hiburan di perjalanan; berkiblat pada kemahiran sang perusahaan gaming asal Jepang itu di bidang handheld. Tingginya faktor fleksibilitas Switch bukan hanya memengaruhi cara kita bermain, tapi juga berpotensi memicu developer melahirkan permainan-permainan jenis baru.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Switch terdiri dari beberapa komponen. Di mode console, unit utama terkoneksi ke Nintendo Switch Dock, memungkinkan Anda menikmati permainan di TV bersama kawan-kawan dan keluarga. Kemudian jika Anda harus bepergian, tinggal angkat komponen tablet dari docking, dan Switch secara otomatis segera mengaktifkan mode portable. Nintendo menjanjikan performa layar yang cerah sehingga sanggup menemani Anda ber-gaming di mobil, pesawat terbang dan lapangan. Dari press release, Switch memanfaatkan display beresolusi high-definition 720p.

Controller Switch yang Nintendo namai Joy-Con juga merupakan salah satu bagian terunik di sistem ini. Dalam mode console, ia tersambung ke unit base Joy-Con Grip dan membentuk layout ala gamepad. Ada D-pad di bawah thumb stick di area kiri, dan action button di atas stick analog kanan. Dari video, saya juga bisa melihat trigger button, tombol '-' dan '+' (kemungkinan buat volume), beberapa tombol pelengkap lain serta port audio 3.5mm.

Dua bagian Joy-Con dapat dilepas dari grip untuk dipasangkan ke tablet atau Anda gunakan langsung di kedua tangan. Menariknya lagi, masing-masing controller bisa digunakan oleh dua orang untuk bermain multiplayer Mario Kart secara split-screen. Masih belum puas? Nintendo turut menyediakan Switch Pro Controller, gamepad dengan pendekatan lebih tradisional.

Nintendo juga mengumumkan bahwa ada puluhan publisher dan developer turut mendukung pengembangan konten Switch. Video perkenalannya juga menampilkan pemandangan unik: Skyrim, NBA, Splatoon, serta satu permainan Mario baru terlihat berjalan di Switch.

Switch merupakan console generasi kedelapan pertama yang ditenagai teknologi Nvidia Tegra, lalu game didistribusikan lewat medium cartridge berukuran mungil. Sayangnya sejauh ini, Nintendo memang belum menyingkap rincian lain mengenai spesifikasinya. Dan sesuai informasi yang dulu pernah diungkap, Nintendo Switch akan hadir di bulan Maret 2017.