Categories

Gadget

Yang Perlu Diketahui dari Smartphone Google Pixel 6, 6 Pro, dan Chip Tensor

Chip Tensor dibuat sendiri oleh Google dan menghadirkan fotografi komputasional ke level berikutnya

Lukman Azis - 21 October 2021

Google akhirnya resmi mengumumkan smartphonePixel 6 dan Pixel 6 Pro. Keduanya sudah menjalankan sistem operasi Android 12 dan ditenagai oleh chip Tensor yang dikembangkan sendiri oleh Google.

Google Tensor adalah SoC yang dibangun pada teknologi proses 5nm. Ia mengemas CPU octa-core dengan arsitektur tri-cluster yang mencakup dua core berperforma tinggi berbasis ARM Cortex-X1 2.80 GHz, dua core Cortex-A76 2.25 GHz, dan empat core hemat daya Cortex-A55 1.80 GHz.

Sebagai informasi, chipset paling mutakhir dari Qualcomm yakni Snapdragon 888 series memiliki satu prosesor yang berbasis Cortex-X1 dengan clock speed sedikit lebih tinggi yakni 3 GHz pada Snapdragon 888+. Untuk olah grafis, Tensor mengandalkan GPU ARM Mali-G78.

Google mengatakan bahwa Tensor dirancang bersama Google Research yang memungkinkannya membangun platform AI/ML yang sesuai untuk masa depan. Tensor membuka pengalaman baru yang memerlukan ML canggih seperti Motion Mode, Face Unblur, Speech enhancement mode untuk video, dan menerapkan HDRnet ke video hingga resolus 4K 60 fps.

Selain itu, Tensor dilengkapi chip keamanan Titan M2 bawaan untuk melindungi data sensitif milik pengguna. Google juga menjanjikan pembaruan keamanan hingga 5 tahun.

Google Pixel 6 Pro

Pixel 6 tersedia dalam opsi warna cloudy white, sorta sunny, dan stormy black. Ia tampil cukup berbeda, terutama desain bingkai kamera belakangnya - persegi panjang dari tepi ke tepi dengan tiga kamera dan satu LED flash yang disusun secara horizontal.

Kamera utamanya 50 MP f/1.85 menggunakan sensor Samsung ISOCELL GN1 1/1.31 inci dan piksel 1.2 μm. Kedua 12 MP f/2.2 dengan lensa ultrawide 114 derajat dan piksel 1.25 μm.

Ketiga kamera 48 MP f/3.5 menggunakan sensor 1/2 inci dan piksel 0.8 μm dengan lensa telephoto yang memberikan kemampuan 4x optical zoom dan hingga 20x Super Res Zoom.

Berkat image processor khusus pada Tensor, Pixel 6 series membawa fotografi komputasional ke tingkat yang baru. Fitur barunya seperti Magic Eraser yang dapat secara otomatis menghilangkan gangguan pada foto dan Face Unblur yang akan mengambil wajah tajam dari sekumpulan foto dan menempelkannya ke bidikan aksi.

Fitur kamera lain pada Pixel 6 series termasuk Motion Mode, Real Tone, Panorama, Manual white balancing, Locked Folder, Night Sight, Top Shot, Portrait Mode, Portrait Light, Super Res Zoom, Motion autofocus, Frequent Faces, Dual exposure controls, dan Live HDR+.

Beralih ke bagian depan, tersemat kamera 11.1 MP f/2.2 dengan piksel 1.22 μm pada layar LTPO OLED yang punya variable refresh rate hingga 120 Hz. Ukurannya 6,7 inci ditopang resolusi tinggi QHD+ dengan kerapatan piksel mencapai 512 ppi dalam aspek rasio 19.5:9 dan permukaannya diproteksi Corning Gorilla Glass Victus.

Google Pixel 6

Pixel 6 juga tersedia dalam tiga opsi warna yakni sorta seafoam, kinda coral, dan stormy black. Dibanding saudaranya, ukuran layar Pixel 6 lebih kecil yakni OLED 90Hz 6,4 inci FHD+ (411 ppi) dalam rasio 20:9 dan juga diproteksi Gorilla Glass Victus.

Selan itu, Pixel 6 hanya dibekali dua kamera belakang - kamera utama 50 MP dan kamera dengan lensa ultrawide 12 MP, tanpa kamera dengan lensa telephoto. Kamera depannya juga disesuaikan dengan 8 MP f/2.0 dengan piksel 1.12 μm.

Sekarang berapa harganya? Di pasar Amerika Serikat, Google Pixel 6 dibanderol mulai dari US$599 atau sekitar Rp8,4 jutaan dengan konfigurasi memori 8/128GB dan 8/256GB. Sementara, Pixel 6 Pro dijual mulai dari US$899 atau Rp12,7 jutaan dengan konfigurasi memori 12/128GB, 12/256GB, dan 12/512GB.

Sumber: GSMArena, Google

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter