Pada tanggal 27 November 2015 besok, rakyat Amerika Serikat akan membanjiri toko-toko retail – fisik maupun online – guna berbelanja kado musim liburan dengan harga yang super miring. Fenomena tersebut sudah berlangsung selama bertahun-tahun, dan orang-orang mengenalnya dengan istilah Black Friday.

Sebagai pemegang KTP Indonesia, kita tidak boleh iri hati. Pasalnya kita juga punya perayaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) #1212sale yang pada dasarnya punya konsep serupa, yakni memberikan diskon besar-besaran buat seluruh konsumen tanpa terkecuali.

Untuk tahun ini, Harbolnas akan diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut, mulai tanggal 10 sampai 12 Desember 2015. Keputusan ini sengaja dibuat oleh pihak panitianya setelah melihat respon konsumen yang begitu tinggi pada Harbolnas tahun lalu.

Kita masih punya waktu sekitar dua minggu sebelum hari banjir diskon ini datang. Untuk mengisi waktu, mari kita sedikit membahas serba-serbi Harbolnas, mulai dari sejarah singkatnya sampai tips yang bisa dipraktekkan.

Perkembangan Harbolnas

Harbolnas pertama kali diadakan di tahun 2012 secara tidak sengaja. Yang menggagas pada saat itu adalah sejumlah pentolan dari berbagai perusahaan e-commerce yang bisnisnya sedang meledak-ledak. Kalau mau cerita lengkapnya, silakan kunjungi tautan ini.

Dari situ perkembangan Harbolnas seakan tak terbendung. Awalnya cuma melibatkan 7 partisipan e-commerce, tahun lalu jumlahnya berlipat-lipat menjadi 78 partisipan. Tahun ini, bakal ada lebih dari 130 partisipan yang ikut serta meramaikan Harbolnas selama tiga hari berturut-turut.

Tips menyambut Harbolnas

Tips pertama yang menurut saya paling penting adalah, persiapkan kartu kredit Anda. Kalau tagihannya masih menumpuk, segera lunasi sebisa mungkin supaya limit yang tersedia cukup untuk berbelanja saat Harbolnas.

Buat yang tidak punya kartu kredit, Anda tak perlu terlalu khawatir karena mayoritas e-commerce sekarang menawarkan sejumlah metode pembayaran alternatif. Hanya saja, kalau Anda bisa mendapat pinjaman kartu kredit dari saudara atau orang-orang yang dekat dengan Anda, tentunya Anda juga bisa menikmati program cicilan saat membeli sebuah produk.

Tips kedua berkaitan dengan waktu. Memang, tahun ini Harbolnas bakal berlangsung selama tiga hari. Tapi tetap tidak ada salahnya Anda bangun lebih pagi. Mengapa? Karena pada umumnya traffic di sebuah situs e-commerce bakal memuncak di siang hari, terutama di saat jam makan siang, dimana konsumen tengah asyik mengunyah paha ayam penyet sambil melihat-lihat produk dengan diskon yang menarik di smartphone.

Kalau Anda mengunjungi situs di pagi hari, kemungkinan besar traffic-nya akan lebih rendah. Traffic yang lebih rendah berarti resiko error atau masalah server bakal lebih kecil. Konsumen senang, pemberi diskon pun senang.

Tips ketiga, gunakan komputer atau laptop untuk berbelanja saat Harbolnas. Memakai browser di perangkat desktop jauh lebih preferable ketimbang di perangkat mobile. Mengapa demikian? Karena Anda akan lebih mudah saat diminta mengisi sebuah formulir, yang biasanya tampilannya bisa sedikit kacau di perangkat mobile.

Tips keempat sangatlah sederhana: follow atau like akun media sosial milik situs e-commerce yang berpartisipasi di Harbolnas. Tujuannya supaya Anda bisa mendapat informasi berkaitan dengan diskon yang tersedia sesegera mungkin dan dari tangan pertama – bukan dari broadcast BBM yang kemungkinan bisa dipelintir saat berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya.

Terlepas dari semua tips yang dicantumkan di atas, Harbolnas 2015 bakal menjadi perayaan yang amat istimewa di mata masyarakat Indonesia. Satu hari banjir diskon dari 130 e-commerce saja sudah terdengar sangat menggiurkan, apalagi kalau durasinya diperpanjang jadi tiga hari. Jadi sekali lagi, catatkan baik-baik di kalender Anda: “Hari Belanja Online Nasional, 10 – 12 Desember 2015”.


DailySocial adalah media partner program Hari Belanja Online Nasional 2015