22 January 2018

by Yoga Wisesa

Yaw Adalah Kursi Simulator Virtual Reality Paling Portable

Selain ringkas, Yaw juga dijajakan di harga yang sangat kompetitif.

Selain kinerja hardware, penyajian konten VR sangat dipengaruhi oleh sistem kendali dan aksesori pendukung. Motion controller biasanya sudah dibundel bersama headset, namun beberapa game berkonsep immersive memerlukan PC berdesain portable hingga simulator. Umumnya, periferal tambahan seperti simulator tak hanya sangat mahal, tapi juga tidak praktis.

Hal ini jadi perhatian utama tim Intellisense. Bermaksud buat memberikan alternatif yang lebih ringkas dan terjangkau, mereka memperkenalkan Yaw, yaitu kursi simulator untuk virtual reality berkonsep portable, memungkinkan kita menggunakannya di rumah atau di kantor. Yaw bekerja layaknya kursi simulator berukuran 'penuh', bisa miring ke kiri, kanan, depan, serta belakang, dan melakukan gerakan berputar.

Ketika tak digunakan, Yaw mempunyai wujud seperti tempurung kura-kura yang bundar. Saat ingin dipakai, Anda perlu merakitnya sedikit: angkat bagian 'tempurungnya', keluarkan tiga 'kaki' yang tersembunyi di bagian stand, lalu balik tempurung dan taruh di atas stand. Anda akan mendapatkan sebuah kursi. Selanjutnya, pasangkan footrest dan keluarkan sandaran sehingga ada celah buat duduk.

Yaw mempunyai diameter kurang lebih seluas 74-sentimeter dan tinggi 38-sentimeter. Bobotnya hanya 15-kilogram, bisa mudah diangkat oleh dua orang. Intellisense merancang Yaw agar mendukung penuh kegiatan gaming, memungkinkan Anda memasangkan aksesori setir (berkat kehadiran meja detachable kecil), pedal gas (di footrest) serta stik untuk mengganti gigi.

Kompatibilitas merupakan salah satu faktor andalan Yaw. Ia siap mendukung lebih dari 80 aplikasi simulasi - dari mulai game F1, Need For Speed, Grid, Microsoft Flight Simulator, Euro Truck Simulator, XPlane, Elite: Dangerous). Saat ini Intellisense juga tengah mengusahakan agar produk mereka kompatibel dengan perangkat non-PC semisal Oculus Go, Samsung Gear VR, dan PlayStation VR.

Selain itu, kebebasan bergerak juga jadi fitur primadona kursi simulator ini. Di posisi normal, Yaw miring ke arah depan sejauh 24 derajat. Lalu ketika diaktifkan, ia bisa miring di poros horisontal hingga 50 derjat serta berputar 360 derajat. Yaw juga bekerja dengan hening sehingga Anda tidak membangunkan siapa pun sewaktu menikmati game VR di tengah malam.

Intellisense menyediakan dua model Yaw, yakni versi Yaw VR standar dan Yaw VR Pro yang menjanjikan daya tahan lebih tinggi. Produk bisa Anda pesan di Kickstarter seharga mulai dari US$ 890.

Melihat dukungan dan ketersediaan konten yang ada saat ini, Yaw jauh lebih fungsional untuk ber-gaming di mode VR ketimbang omni-directional treadmill. Jika punya Yaw di rumah, saya mungkin akan menikmati Project CARS 2 'lebih internsif' dan melupakan tidur malam.