5 October 2018

by Ayyub Mustofa

Yo-Kai Watch 3 Akan Terbit dalam Bahasa Inggris di Awal Tahun 2019

Beda dari prekuelnya, dalam Yo-Kai Watch 3 pemain dapat mengendalikan dua karakter sekaligus

Nintendo baru-baru ini mengumumkan bahwa Yo-Kai Watch 3 akan dirilis dalam bahasa Inggris baik di region Eropa maupun Amerika Utara. Game hasil karya perusahaan Level-5 itu sebelumnya sudah tersedia di Jepang sejak tahun 2016. Namun para gamer barat baru akan bisa menikmatinya mulai tanggal 8 Februari 2019, eksklusif di Nintendo 3DS.

Mirip seperti seri Pokemon yang biasanya dirilis dalam dua atau tiga versi, Yo-Kai Watch 3 juga memiliki tiga versi berbeda. Tiga versi itu disebut Yo-Kai Watch 3: Sushi, Yo-Kai Watch 3: Tempura, dan Yo-Kai Watch 3: Sukiyaki. Perbedaan antara Sushi dan Tempura terletak pada Yo-Kai (monster/hantu yang bisa ditangkap) eksklusif di dalam masing-masing game. Sementara versi ketiga, Sukiyaki, merupakan versi baru dengan konten-konten tambahan yang dirilis belakangan.

Tampilan Yo-Kai Watch 3 versi Jepang | Sumber: Gematsu

Sayangnya tidak ada info jelas tentang konten di versi Inggrisnya, apakah akan berbasis Yo-Kai Watch 3: Sushi, Tempura, atau Sukiyaki. Logo yang ditunjukkan oleh Nintendo pun ternyata logo yang benar-benar baru, berbeda dari ketiga versi di Jepang. Idealnya, versi Inggris akan lebih baik bila hanya memiliki satu versi yaitu versi Sukiyaki yang sudah berisi konten terlengkap.

Yo-Kai Watch 3 memberikan suasana petualangan baru yang berbeda dari prekuel-prekuelnya. Biasanya pemain akan disuruh memilih satu dari dua protagonis, anak laki-laki bernama Nathan Adams (alias Nate) atau anak perempuan bernama Katie Forester. Tetapi kali ini Yo-Kai Watch 3 kedatangan satu tokoh baru, yaitu Hailey Anne.

Logo Yo-Kai Watch 3 versi Inggris, berbeda dari versi Jepangnya | Sumber: Nintendo

Lokasi cerita Yo-Kai Watch 3 juga lebih variatif daripada prekuelnya yang hanya berlatar di Jepang. Alkisah, kali ini Nate dan keluarganya baru saja pindah rumah ke sebuah kota fiktif di Amerika Serikat bernama St. Peanutsburg. Pemain dapat menemukan berbagai Yo-Kai bertema kebarat-baratan di sana. Sementara itu petualangan Hailey berlokasi di Jepang. Ia membuka sebuah biro detektif bersama Yo-Kai partnernya, Usapyon.

Tanggal rilis yang disebutkan di atas adalah tanggal rilis untuk wilayah Amerika Utara. Sementara untuk wilayah Eropa, Nintendo hanya menyatakan bahwa game ini akan terbit di musim dingin (antara Desember 2018 – Februari 2019). Para penggemar sudah menunggu selama dua tahun. Semoga saja mereka tidak perlu menunggu lebih lama lagi.

Sumber: Nintendo Life.