1. Startup

Yogyakarta Segera Miliki Hotspot Gratis

Di pertengahan bulan Oktober yang lalu kami mengabarkan bahwa Pemerintah Kota Solo di bawah kepemimpinan Joko Widodo akan segera membangun jalur internet (hotzone) terpanjang di Indonesia. Kali ini kami mendapatkan kabar bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta akan segera memiliki hotspot gratis yang dapat dinikmati di seluruh sudut kota pada tahun 2012.

Seperti yang dikutipdari Republika, Pemerintah Kota Yogyakarta berencana memberikan layanan hotspot untuk masyarakat di seluruh kelurahan mulai 2012, khususnya pada malam hari dengan memanfaatkan bandwidth yang dimiliki pemerintah.

Sukadarisman - Kepala Bagian Teknologi Informasi dan Telematika Pemerintah Kota Yogyakarta, mengutarakan bahwa pemerintah memiliki bandwidth yang cukup besar dan itu hanya dimanfaatkan saat jam kerja saja, sehingga pemerintah pun berencana untuk memperluas pemanfaatannya bagi masyarakat di seluruh kelurahan saat malam hari. Nantinya warga masyarakat yang ada di tiap kelurahan bisa menggunakan dan memanfaatkan fasilitas hotspot di lokasi tertentu mulai puluk 16.00 WIB sampai dengan 06.00 WIB.

Sebelum memperluas jaringan hotspot di seluruh kelurahan, pemerintah akan melakukan uji coba layanan tersebut di lima kelurahan, meskipun hingga saat ini pemerintah belum dapat memutuskan kelima kelurahan yang akan menjalani uji coba.

Tentunya, hal yang paling ditunggu oleh masyarakat di Yogyakarta adalah realisasi dari rencana hotspot gratis ini. Ketika tiap kelurahan mendapatkan fasilitas ini, maka banyak hal yang bermanfaat bisa dilakukan pada jam-jam pengaktifan hotspot tersebut, entah itu hal-hal yang meliputi edukasi, ekonomi, sosial, atau hal lain yang mendukung produktivitas.

Hal ini juga bisa berperan pada proses edukasi dari manfaat berinternet, tentunya untuk produktivitas dan bisa juga untuk pertumbuhan ekonomi, ketika seluruh masyarakat Yogyakarta (dari kalangan menengah ke bawah dan menengah ke atas) sudah teredukasi manfaat berinternet, hal ini juga akan bisa mendukung pertumbuhan startup, atau pemanfaatan internet untuk bisnis dan pengembangan usaha, disamping peran lain seperti edukasi, sosial, dll.

Untuk itu, bagi para pembaca setia DailySocial yang berdomisili di Kota Yogyakarta, nari kita tunggu realisasi pemerintah kota mengenai layanan hotspot gratis ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again