1 October 2013

by Iqbal Farabi

YouTube Akan Selenggarakan YouTube Music Awards

Sebagai situs yang layanan utamanya menyuguhkan video, YouTube dalam perkembangannya menjadi salah satu situs yang berpengaruh terhadap perkembangan industri musik di dunia. Bagi para musisi indie, YouTube telah mempopulerkan banyak musisi yang memulai karirnya dengan mengunggah video cover lagu artis populer ke situs tersebut. Sementara bagi para musisis yang sudah ternama, tidak sedikit yang sudah menggunakan YouTube sebagai kanal resmi untuk merilis video musik dan berbagai video terkait aktivitasnya.

Berbekal peran pentingnya terhadap industri musik di era informasi ini, YouTube hari ini mengumumkan akan menyelenggarakan acara YouTube Music Awards. Rencananya, acara ini akan dimeriahkan oleh artis-artis ternama seperti Lady Gaga, Eminem, dan Arcade Fire dan artis-artis yang memulai popularitasnya dari YouTube seperti Lindsey Stirling dan CDZA.

YouTube Music Awards akan menghadirkan penampilan musik kolaborasi dari tiga kota Seoul, Moskow, dan Rio, serta acara puncak di New York. Tentunya keseluruhan rangkaian acara ini akan bisa disaksikan secara langsung melalui kanal resmi YouTube Music Awards di YouTube.

Berbeda dari acara penganugerahaan konvensional, YouTube Music Awards akan melibatkan para pengguna untuk memilih siapa yang berhak mendapatkan penghargaan. Tepatnya pada tanggal 17 Oktober, YouTube akan mengumumkan daftar nominator yang bisa dipilih. Para nominator ini pun dinominasikan oleh YouTube berdasarkan dari statistik video para nominator tersebut. Selanjutnya, menjelang acara puncak yang akan dilaksanakan pada 3 November, para nominator akan mulai membagikan video lagu resmi, cover lagu, parodi, konser, dan wawancara mereka di kanal-kanal pada situs YouTube.

Belum ada keterangan detil mengenai bagaimana tepatnya kita sebagai pengguna bisa ikut memilih para nominator nantinya. YouTube hanya menjanjikan bahwa proses yang dilakukan akan berjalan secara transparan bagi seluruh pengguna YouTube.

[youtube id="9ckE_S5Y5QM" width="620" height="360"]