21 March 2013

by wiku

YouTube Capai Satu Miliar Pengguna Perbulan

Layanan berbagi video milik Google, YouTube, baru saja mengumumkan pencapaian terbaru dari sisi jumlah pengguna. YouTube kini telah mencapai satu miliar pengguna unik perbulannya.

YouTube sendiri telah berkembang dari layanan berbagi video menjadi penyedia konten video yang memberikan pilihan berbagai video, mulai dari yang diunggah oleh pengguna umum atau berbagai saluran dan mitra YouTube yang menghadirkan video yang lebih profesional. Berbagai kampanye pemilik merek pun telah menggunkan YouTube sebagai salah satu saluran, demikian pula musisi yang menjadikan YouTube sebagai sarana rilis video klip mereka.

Dari rilis resmi di blog, YouTube menjelaskan beberapa data lain yang berhubungan dengan YouTube. Ada hampir satu dari dua orang yang mengakses internet mengunjungi YouTube, jumlah penonton perbulan di YouTube secara kasar bisa dibandingkan dengan 10 kali audiens acara Super Bowl. Lalu jika membayangkan YouTube sebagai negara maka YouTube akan jadi negara ketiga terbesar setelah Cina dan India.

Pertumbuhan ini tentunya tidak akan menghentikan YouTube untuk memberikan berbagai hal baru, tidak hanya dari tampilan tetapi juga dari sisi konten dan perkembangan lain, termasuk di sisi mobile. Mereka kini telah memiliki aplikasi YouTube Capture yang baru-baru ini menyediakan versi iPad. Kita tunggu hal baru apa lagi yang akan hadir dari YouTube.