Agustus tahun lalu, YouTube menghadirkan fitur chatting pada aplikasi Android dan iOS-nya. Prinsipnya, ketimbang harus berbagi tautan dan membicarakan tentang videonya di aplikasi lain, kita diberi kemudahan untuk melakukannya langsung di aplikasi YouTube.

Sekarang, YouTube tampaknya sedang dalam proses membawa fitur yang sama ke versi web-nya berdasarkan pantauan 9to5Google. Fungsinya sama persis seperti di mobile, hanya saja sekarang kita bisa mengaksesnya lewat browser komputer, dan semestinya chat-nya bakal tersinkronisasi antara mobile dan desktop apabila menggunakan akun yang sama.

Soal sinkronisasi ini saya belum bisa mengonfirmasi, sebab ketika saya coba, fitur chatting ini belum muncul di saya. Indikasi kemunculannya adalah icon baru bergambar semacam chat bubble di antara icon lonceng (notifikasi) dan app launcher, seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas.

Sumber gambar: 9to5Google.
Sumber gambar: 9to5Google.

Fitur chatting ini rupanya juga terintegrasi ke menu sharing bawaan YouTube. Kalau biasanya cuma ada pilihan untuk membagikan tautan ke berbagai media sosial, kini ada juga pilihan untuk langsung membagikannya ke orang-orang yang termasuk friend dengan kita di YouTube.

Fitur ini sepertinya sedang diluncurkan secara bertahap. Namun sejauh ini belum ada kabar resmi mengenai ketersediaannya secara global. Sebaiknya kita bersabar saja.

Sumber: 9to5Google.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.