Categories

Mobile

YouTube di Android dan iOS Kini Bisa Memutar Video 60 fps

Glenn Kaonang - 2 July 2015

"Akhirnya," adalah ekspresi saya ketika membaca berita ini. Memang terdengar agak berlebihan, tapi saya sudah menunggu-nunggu YouTube menghadirkan fitur playback 60 fps untuk perangkat mobile – koneksi internet kita sudah cukup cepat, dan spesifikasi perangkat untuk mengolah grafis pun sudah mumpuni.

Fitur ini pertama diperkenalkan sekitar bulan Oktober tahun lalu, tapi hanya tersedia jika Anda mengakses YouTube melalui web browser di PC atau Mac. Intinya, kalau video yang diunggah merupakan video yang direkam dalam kecepatan tinggi (60 fps), Anda pun bisa menontonnya sesuai dengan yang diinginkan sang pembuat video.

Info menarik: 4K Belum Menyebar Luas, YouTube Sudah Punya Video 8K

Sekarang ini, selama suatu video memang direkam dalam kecepatan 60 fps, Anda bisa langsung memutarnya di aplikasi YouTube di Android maupun iOS. Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di bawah, opsi "720p" dan "1080p" kini telah digantikan oleh "720p60" dan "1080p60".

Memang tidak semua video menyediakan opsi ini; video game-lah yang seringkali direkam dalam kecepatan tinggi. Mengingat Google baru-baru ini memperkenalkan layanan YouTube Gaming, sudah semestinya populasi video 60 fps semakin banyak.

Yang menarik, playback 60 fps ini tidak mewajibkan Anda untuk meng-update aplikasi YouTube yang ada di smartphone atau tablet. Google tampaknya telah membenahi server YouTube sehingga aplikasi mobile-nya pun kini bisa memutar video dalam kecepatan 60 fps.

Sumber: TheNextweb. Gambar header: YouTube via Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter