Fitur Baru YouTube Dirancang Supaya Kita Tidak Lupa Waktu Selama Menikmati Kontennya

Fitur Baru YouTube Dirancang Supaya Kita Tidak Lupa Waktu Selama Menikmati Kontennya

Mulai dari statistik waktu yang dihabiskan untuk menonton sampai opsi pengaturan notifikasi yang lebih memadai
Tampilan tool "Digital Wellbeing" pada aplikasi YouTube / YouTube
Tampilan tool "Digital Wellbeing" pada aplikasi YouTube / YouTube

Berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk menonton video-video YouTube setiap harinya? 30 menit? 1 jam? 2 jam? Tak perlu menebak-nebak, sebab YouTube sekarang bisa menyodorkan statistik persisnya kepada setiap pengguna.

Syaratnya tentu Anda harus login ke YouTube menggunakan akun masing-masing. Selanjutnya, klik icon akun di ujung kanan atas, lalu pilih “Time watched”, dan di situ Anda bisa melihat berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk menonton hari ini, kemarin dan sepanjang pekan kemarin, lengkap beserta rata-rata per harinya.

Perlu dicatat, fitur ini tidak akan berfungsi apabila Anda menonaktifkan fitur Watch History, sebab kalkulasinya dibuat berdasarkan semua video yang telah Anda tonton (tidak termasuk YouTube Music). Dari situ Anda bisa menilai sendiri apakah Anda terlampau sering menikmati konten YouTube sekaligus mengambil tindakan.

Tindakan yang saya maksud adalah mengaktifkan fitur pengingat (reminder) untuk beristirahat sejenak usai menonton selama beberapa waktu (Anda yang menentukannya sendiri). Ketika batas waktunya itu tercapai, pengguna akan menerima notifikasi seperti yang bisa dilihat pada gambar.

Di samping itu, YouTube turut menyediakan opsi pengaturan notifikasi yang lebih memadai. Salah satu yang paling bermanfaat menurut saya adalah opsi untuk membundel notifikasi dari tiap-tiap channel yang kita ikuti menjadi satu notifikasi saja per harinya pada waktu yang telah ditetapkan.

Opsi ini sangat berguna bagi mereka yang memang menyiapkan waktu khusus untuk menonton YouTube – usai makan malam misalnya – sebab di luar itu mereka tidak akan ‘diganggu’ oleh notifikasi demi notifikasi. Lebih lanjut, pengguna juga dipersilakan menonaktifkan suara sekaligus getaran dari notifikasi yang masuk di antara jam tertentu (jam 10 malam sampai 8 pagi misalnya) demi sesi tidur yang lebih tenteram.

Semua ini merupakan bagian dari tema “Digital Wellbeing” yang diangkat Google pada konferensi developer-nya bulan Mei lalu. Google sejatinya ingin konsumen bisa mengatur waktunya lebih baik dan tidak membiarkan layanan-layanan Google mengganggu kesibukannya sehari-hari, salah satunya YouTube.

Sumber: YouTube.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Internet
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…