YouTube Disebut Sedang Menguji Fitur Rekomendasi Unduhan

YouTube Disebut Sedang Menguji Fitur Rekomendasi Unduhan

Fitur ini akan mendorong lebih banyak orang untuk menonton video secara offline
coffee-3080834_960_720
coffee-3080834_960_720

Rumor terbaru yang dilaporkan oleh AndroidPolice mengatakan bahwa YouTube sedang menguji fitur rekomendasi unduhan video. Fitur ini pertama kali ditemukan oleh seorang pengguna Twitter @JazliAziz, di mana terlihat sebuah panel baru bernama “Recommended Download” muncul ketika ia membuka menu unduhan di aplikasi YouTube-nya.

Fitur serupa sudah dijumpai di Netflix yang tampaknya menjadi referensi bagi YouTube guna mendorong lebih banyak orang untuk mulai secara aktif menggunakan fitur download. Kendati dari sisi lain, fitur download bisa saja memangkas jumlah orang yang menonton video secara online yang notabene justru menurunkan jumlah aktivitas di layanannya.

Berkaca pada kasus serupa, tampaknya fitur ini masih sedang diuji karena pengguna di AS dan banyak negara lain masih belum dapat mengakses fitur tersebut. Kebiasan ini bukan yang pertama, dan pada akhirnya kepastian apakah fitur ini akan digulirkan secara global masih belum bisa dipastikan.

youtube-downloads

YouTube sendiri belum buka suara terkait kabar ini. Sementara di kabar lainnya mereka disebut sedang mempersiapkan fitur rekomendasi baru untuk pengguna seluler dan desktop. Berbeda dengan rumor soal fitur rekomendasi unduhan, rekomendasi yang ini memberikan saran berdasarkan beberapa indikator, antara lain kata kunci, creator, dan topik terkait untuk membantu pengguna menelusuri video demi video.

Fitur download di YouTube sendiri hadir lima tahun yang lalu. Terus diperluas, kini 154 dari 195 negara yang bisa mengakses YouTube sudah merasakan manfaatnya. Beberapa negara harus berlangganan YouTube Premium untuk bisa menggunakannya, sementara beberapa bagian lainnya tidak termasuk Indonesia.

Sumber berita AndroidPolice dan gambar header Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…