Categories

Game

YouTube Gaming Resmi Tiba di Indonesia

Kata Google, YouTube gaming ialah sebuah dedikasi bagi para gamer sehingga mereka mudah mengeksplorasi koten favorit.

Yoga Wisesa - 7 April 2016

Kiprah YouTube di bidang gaming dimulai Agustus 2015 silam, saat mereka meluncurkan platform video khusus untuk para antusias video game demi menyaingi Twitch.tv. Dibanding rival besarnya itu, YouTube Gaming sudah memiliki keunggulan: platform menyimpan banyak sekali koleksi video, dan ia mengarahkan konten pada konsumen yang tepat.

Dan ada kabar baik bagi para penikmat video-video gaming di Indonesia. Pada tanggal 7 April 2016, YouTube Gaming akhirnya tiba di sini, dan ia tidak sendiri. Menemani platform video versi desktop, Google juga resmi merilis aplikasi YouTube Gaming di perangkat bergerak, dioptimalkan buat Android. Kata Google, YouTube Gaming ialah sebuah dedikasi bagi para gamer sehingga mereka mudah mengeksplorasi koten, dibekali live streaming dan live chat.

Google menyampaikan bahwa komunitas gaming di YouTube sangat besar. 144 juta gamer menyaksikan video  melalui YouTube setiap bulan. Peningkatannya-pun sangat besar, naik 60 persen dari tahun lalu. Angka ini menunjukkan tingginya interaksi, bahkan dibanding platformgaming populer lain. Alasan YouTube Gaming diracik adalah demi mempermudah gamer mencari apapun yang mereka inginkan.

Lewat YouTube Gaming, YouTube mencoba menyajikan segala konten yang gamer sukai, mendekatkan mereka dengan permainan favorit serta komunitas. Platform ini diramu agar pengalaman jadi lebih terpersonalisasi. Komponen live juga diperkaya, lalu Google berupaya mengimpun komunitas agar lebih luas dan beragam.

Itulah tiga aspek yang ditawarkan YouTube Gaming. User interface difokuskan pada konten permainan, sehingga pengguna mudah menjelajahi judul game berdasarkan developer dan channel. Buat sekarang, ada lebih dari 25 ribu page permainan tersdia di YouTube Gaming, ditambah lagi tiap creator mempunyai channel sendiri.

Dari penjelasan Google, YouTube Gaming sengaja didesain untuk menjadi rumah segala video yang berkaitan dengan ranah gaming: trailer sinematik, berita, esport, podcast dan talk show, review, serta event global.

YouTube tak lupa menyampaikan esensialnya fitur live, baik bagi pembuat maupun penonton. Ditakar dari UI, Anda bisa melihat sejumlah kesamaan antara YouTube Gaming dan Twitch. Kolom chat berada di sebelah kanan, dan ada dashboard di sisi kiri (terbuka dengan mengklik tombol ber-icon garis di pojok kiri atas). Bedanya, jika scroll ke bawah, Anda disuguhkan link ke live stream game berjudul sama serta kumpulan video dari creator.

Buat memantapkan ekosistem komunitas, sejak diperkenalkan, YouTube Gaming telah hadir di event-event seperti Electronic Entertainment Expo, Gamescom serta PAX (Penny Arcade Expo). Mereka berjanji, di waktu ke depan akan ada lebih banyak acara disiarkan langsung dari platform tersebut.

Momen ini juga menandai ketersedian aplikasi YouTube Gaming untuk para pemilik handset Android dan iOS di Indonesia. User versi desktop memang memperoleh fitur-fitur lengkap, namun YouTube turut memastikan supaya gamermobile tidak ketinggalan. App tersebut memungkinkan Anda memanfaatkan fasilitas Mobile Capture, mempermudah proses penyiaran permainan langsung dari smartphone atau tablet.

Anda sama sekali tidak memerlukan hardware atau software tambahan. Tinggal men-tap tombol Go Live, kamera depan dan microphone akan segera menyala serta merekam. Seperti versi desktop, tampilan app YouTube Gaming dedesain khusus buat gamer, mampu mengingat judul permainan serta channel kesukaan Anda. Saat live stream, aplikasi mungkin sedikit memberatkan handset, jadi Anda disarankan menggunakan perangkat yang cukup bertenaga.

Versi terbaru YouTube Gaming dirilis tanggal 6 April kemarin. Update terdiri dari navigasi homepage empat tab (Home, Games, Channels, dan Live), page browser baru, dan perbaikan pada bagian chat. Khusus buat Android, mutu playback turut ditingkatkan (ada fitur 60fps, opsi kualitas, dan DVR), terdapat kapabilitas pause dan resume saat Mobile Capture, serta dukungan Info Card.

"YouTube Gaming menghubungkan para gamer di seluruh dunia dengan konten, komunitas, dan kultur yang dekat dengan mereka," tutur head of YouTube Gaming Content & Partnerships Asia Pacific Ines Cha via rilis pers. "Layanan ini akan memudahkan Anda menemukan dan menonton video, live stream, dan berinteraksi bersama komunitas gamer terbesar di internet ━ semua dari satu tempat.

Silakan segera nikmati YouTube Gaming melalui Gaming.YouTube.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter