YouTube diketahui sedang menguji layout navigasi baru sejak beberapa bulan yang lalu, mencari susunan yang tepat sebelum digulirkan ke penggunanya. Setelah melalui proses yang panjang, melalui forum resminya,YouTube akhirnya mengumumkan layout baru termasuk sejumlah pembaruan itu sudah bisa dinikmati semua pengguna yang ditujukan untuk pengguna iOS dan Android.

Layout baru menghadirkan pengalaman yang sama sekali baru bagi pengguna. Menu berukuran besar di bagian atas kini diganti dengan top bar yang lebih kecil dengan hanya beberapa ikon penting dan pengaturan. Menu bar teratas kini dihuni kolom pencarian, perekaman video, dan ikon profil. Layout baru juga tidak lagi menampilkan tombol upload yang mengambang di sebelah kanan bawah.

youtube-android-redesign-final-1

Selanjutnya, menu navigasi di bagian teratas dipindahkan ke sisi paling bawah namun tanpa perubahan yang berarti. Salah satu perbedaannya terletak pada label menu Account yang kini diubah menjadi Library. Menu Library sendiri masih akan memuat beberapa informasi seperti apa yang disukai pengguna, favorit, ungahan dan daftar putar.  Sedangkan seluruh menu di Account kini bisa dijumpai di ikon profil di bagian teratas. Perubahan kecil lainnya, menu bar kini dibuat statis dan akan terus muncul di depan layar setiap saat, kecuali saat pengguna menonton video dalam modus layar penuh.

youtube-android-redesign-final-2

Pembaruan ini disebut sudah bisa dijumpai oleh pengguna perangkat berbasis iOS dan dijadwalkan menyapa pengguna Android setelahnya.

Wajah baru yang digulirkan oleh YouTube di atas hanyalah sebagian kecil dari rencana besar Google untuk layanan videonya itu. Dalam gelaran Google I/O telah mulai dibeberkan beberapa fitur besar yang akan jadi suguhan YouTube berikutnya, antara lain dukungan video 360 derajat untuk YouTube TV dan juga Super Chat yang akan menjadi media komunikasi bagi para penyiar.

Sumber berita YouTube dan gambar header Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.