Categories

Mobile

YouTube Hadirkan Fitur Chatting dan Sharing dalam Aplikasi

Berbagi video kini bisa langsung lewat YouTube tanpa harus berpindah aplikasi

Glenn Kaonang - 8 August 2017

See You Again, Gangnam Style dan Despacito adalah tiga video dengan jumlah view terbanyak di YouTube. Tanpa adanya media sosial dan partisipasi orang-orang yang saling berbagi tautan, mustahil ketiga video klip musik itu bisa viral seperti sekarang.

Namun sekarang ada cara baru yang lebih mudah untuk berbagi link video YouTube. Bukan lewat layanan atau aplikasi lain, tapi melalui aplikasi mobile YouTube sendiri. Yup, YouTube sekarang turut dibekali fitur chatting ala Direct Message di Instagram.

Jadi ketimbang harus menyalin tautan lalu membuka aplikasi chatting macam WhatsApp atau Line, Anda sekarang bisa langsung membagikannya ke orang-orang terdekat via YouTube. Dari situ Anda bisa lanjut bercakap-cakap mengenai video tersebut, atau memberikan balasan dalam bentuk video lain.

Tidak cuma percakapan satu lawan satu, chatting di YouTube juga mendukung hingga 30 orang sekaligus. Pun demikian, kalau Anda ingin melihat reaksi teman-teman ketika menonton, Anda butuh aplikasi lain bernama Uptime, yang juga dikerjakan oleh karyawan Google di waktu luangnya.

Semua pesan dan video yang dibagikan akan disimpan dan dapat diakses lewat tab baru berlabel “Shared” di aplikasi mobile YouTube. Fitur ini sebenarnya sudah diuji oleh YouTube sejak tahun lalu, namun sekarang mereka sudah siap untuk merilisnya ke publik global. Nantikan update-nya dalam beberapa hari ke depan.

Sumber: YouTube dan TechCrunch.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter